Qualcomm Snapdragon 210, Prosesor Dengan Jaringan 4G Paling Murah

Snapdragon 210 1

Perang prosesor mobile antara Qualcomm dan MediaTek, kian memanas. Sebelumnya mereka memang asyik dengan pasar mereka masing-masing, Qualcomm di pasar smartphone menengah dan high-end, sedangkan MediaTek berkutat dengan pasar smartphone murah. Namun semuanya berubah ketika MediaTek mulai merambah pasar smartphone teknologi tinggi, salah satunya dengan merilis prosesor Octa-Core.

Berkat inovasinya tersebut, MediaTek pun menguasai pasar smartphone di China dengan angka 40%, sedangkan Qualcomm hanya 27%. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah dengan beralihnya teknologi ke prosesor Octa Core. Mau tak mau, Qualcomm harus melakukan serangan balasan. Karena itu, mereka pun merilis prosesor terbaru mereka, Snapdragon 210.

Apa Keunggulan Snapdragon 210

Seperti yang saya sebutkan di atas, Qualcomm Snapdragon 210 adalah prosesor yang khusus dibuat untuk pasar smartphone murah. Cristiano Amon, Wakil Presiden Qualcomm, bahkan mengatakan kalau Snapdragon 210 secara khusus akan hadir di smartphone dengan kisaran harga Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000.

Snapdragon 210

Wajar kalau sebuah prosesor murah mempunyai kemampuan yang terbatas. Namun Qualcomm mencoba untuk membuat batas tersebut, tidak terlalu rendah, hingga membuat konsumen enggan membelinya. Mereka pun memasang Central Processing Unit (CPU) Quad-Core Cortex A7, Graphics Processing Unit (GPU) Adreno 304, Bluetooth 4.1, dan WiFi 802.11n. Untuk ukuran layar, Qualcomm Snapdragon 210 dikabarkan bisa mendukung resolusi layar dengan lebar maksimal 720 piksel, dan kamera dengan kekuatan maksimal 8 megapiksel.

Dan yang lebih penting lagi, Snapdragon 210 ini dikabarkan akan mendukung jaringan 4G atau LTE, sesuatu yang jarang kita temukan pada smartphone murah seharga 1 Jutaan. Karena itu, bila mereka jadi menjualnya secara massal pada tahun 2015, MediaTek dan produsen prosesor lain harus segera mengejar ketertinggalan mereka. Masih banyak waktu yang tersisa. Dan bagi konsumen seperti kita, ‘perang’ teknologi tersebut menjadi sesuatu yang menggembirakan karena kita akan bisa terus merasakan teknologi tinggi dengan harga yang murah.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>