Prosesor Bermasalah, Galaxy S6 Terancam Mundur

Proseso Snapdragon

Belum lama tersebar berita akan rilisnya ponsel premium Galaxy S6, sebuah kabar kurang menyenangkan pun hadir dengan mengatakan bahwa ponsel tersebut kemungkinan akan mengalami penundaan akibat masih ditemukan masalah pada chipset utamanya.

Samsung S6 direncanakan akan menggunakan prosesor versi terbaru Qualcomm, Snapdragon 810. Prosesor tersebut dirancang dengan 64-bit quad core ARM cortex-A57 CPU dan Cortex-A53 CPU, serta dengan Qualcomm Adreno 430 GPU yang mampu memberikan kinerja grafis hingga 30% lebih cepat dan kinerja GPGPU 100% lebih cepat. Disamping itu prosesor baru ini juga mampu mengurangi konsumsi daya hingga 20% dari pendahulunya Adreno 420 GPU.

Hingga saat ini belum ada kapastian dari Qualcomm mengenai masalah pada prosesor terbarunya itu. Namun menurut kabar yang dilansir GSMArena (5/12), masalah yang dihadapi adalah overheating pada tingkat tegangan tertentu dan kinerja prosesor yang belum stabil. Selain itu masalah juga terdapat pada pengontrol RAM, dimana kemungkinannya adalah kesalahan pada driver GPU Adreno 430.

Samsung sebenarnya memiliki rencana cadangan untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan menggunakan prosesor Exynos SoC versi terbaru. Namun hal itu dikhawatirkan akan manurunkan kinerja dari Galaxy S6 yang akhirnya berdampak pada pasar karena Exynos SoC masih jauh dari kata sempurna.

Akibat hal ini, beberapa vendor lain yang ikut menggunakan prosesor Snapdragon 810 seperti LG pun harus menunda jadwal rilis ponsel terbarunya di awal tahun 2015 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>