Project Ara, Smartphone Dengan Komponen Bongkar Pasang

Project Ara

Sangat beruntung. Mungkin itu yang akan kita katakan kepada para penduduk Puerto Rico, yang dalam beberapa bulan ke depan akan menjadi lokasi pilot testing untuk proyek terbaru Google, Project Ara. Mengapa saya bisa berkata begitu? Apa sebenarnya Project Ara itu? Silakan simak video berikut.

Project Ara adalah sebuah ide untuk membuat smartphone dengan komponen yang bisa dibongkar pasang, persis dengan permainan Lego. Jadi, apabila ada jenis prosesor yang lebih bagus, kita tidak perlu membeli smartphone baru. Kita hanya perlu membeli sebuah komponen prosesor baru, untuk kemudian menukarnya dengan komponen prosesor lama kita. Proses bongkar pasang yang begitu mudah (semudah memasukkan dan melepaskan Flash Disk dari slotnya), itulah semangat yang diusung oleh Project Ara ini. Dengan teknologi tersebut, diharapkan konsumen tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli smartphone setiap ada teknologi baru yang diluncurkan. Cukup dengan membeli 1 komponen baru saja, maka teknologi baru sudah bisa anda rasakan.

Penjualan Produk Ara di Puerto Rico

Dalam sebuah konferensi khusus untuk para developer Ara di Mountain View, California, diumumkan kalau Produk yang dihasilkan dari Project Ara ini akan mulai dijual kepada para konsumen di Puerto Rico dengan Food Truck (tempat penjualan makanan yang berbentuk truk atau trailer). Claro dan Open Mobile, 2 operator telekomunikasi setempat, akan menjadi partner Google untuk merealisasikan hal ini. Akan ada 20 komponen yang akan mulai dijual saat rilis pertama Project Ara ini.

Project Ara 1

Dengan penjualan perdana ini, Google berharap kalau mereka bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang keinginan konsumen akan teknologi ini, sebelum mereka mulai menerapkannya untuk pasar yang lebih luas. Mereka juga berusaha untuk mendapatkan apa saja masalah-masalah yang akan terjadi, komponen apa yang akan laku keras, dan bagaimana gaya konsumen dalam menggunakan teknologi ini.

Apabila Project Ara ini sukses, maka dapat dipastikan kalau ia akan mengubah pasar smartphone dunia ke arah yang berbeda. Bagaimana pendapat anda tentang Project Ara ini, silakan sampaikan di kolom komentar.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Tian says:

    unik banget sih konsep modular ini, asal harga yang dipatok untuk tiap komponennya tidak terlalu mahal saja, kalo tidak sama aja bohong hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>