[Preview] Xiaomi Redmi Note – Phablet Ekonomis Performa Ciamik

Setelah sukses dengan flash sale Redmi 1S di Indonesia, Xiaomi nampaknya tengah mempersiapkan peluncuran produk berikutnya yang tidak lain dan tidak bukan adalah versi phablet dari Redmi 1S, Redmi Note. Setelah terlihat di situs postel, dan juga setelah melewati masa penjualan Redmi 1S, rasanya phablet yang meminjam nama dari seri phablet Samsung ini akan muncul sebentar lagi. Seperti apa jagoan berikutnya dari Xiaomi ini? Apakah mampu Redmi Note menyamai kesuksesan penjualan Redmi 1S? Mari kita simak preview-nya.

Redmi Note

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note

Satu hal yang wah dari gadget Xiaomi adalah spesifikasinya yang ciamik dengan harga yang ramah. Itu yang tejadi dengan Redmi 1S, bagaimana dengan Redmi Note? Mari kita simak spesifikasi utama dari Xiaomi Redmi Note:

Item Spesifikasi
Jaringan GSM 900 / 1800 / 1900HSDPA 900 / 2100
Dual SIM Ya
Slot SD Card Ya
Chipset  Mediatek MT6592
CPU  Octa-core 1,7 GHz Cortex-A7
GPU  ARM Mali-450
Sensor  Gyroscope, Light Sensor, Accelerometer, proximity, compass
RAM  2 GB
Memory Internal  8 GB
Layar  IPS 720 x 1280 piksel, 5,5 inches (~267 ppi pixel density)
Proteksi Layar  -
Kamera Depan  5 MP
Kamera Belakang  13 MP – f/2.2
Baterai  3100 mAh – Removable
Radio FM  Ya

Redmi Note merupakan produk phablet pertama dari Xiaomi. Menggunakan prosesor true octa-core pertama di dunia dan RAM 2GB seharusnya Note sudah lebih dari cukup untuk penggunaan standard sehari-hari. Ditambah lagi dengan kamera belakang sebesar 13MP dan kapasitas baterai sebesar 3.100mAh, Redmi Note tampak menjadi solusi yang sempurna untuk pecinta phablet.

Desain

Senada dengan Redmi 1S, desain Redmi Note masih mengusung tema sederhana. Meski tidak akan memenangkan kontes kecantikan, desain sederhana Note tersebut bukan sesuatu yang dapat merusak mata.Xiaomi Redmi Note

Berbeda dengan 1S yang warna default-nya adalah hitam/abu-abu, Note tampaknya memiliki warna default hitam dengan cover belakang putih. Tombol volume rocker diikuti tombol kunci/power berada di sisi kanan atas, sedangkan di sisi kiri tidak terdapat tombol apapun. Di bagian belakang terdapat kamera dan flash, logo Mi, serta speaker.

redminote2

 

 

Lubang USB berada di sisi bawah ponsel. Redmi Note juga mendukung fitur USB On-The-Go. Selain itu terdapat juga mikrofon.

usb port

Terlihat dari output mikrofon yang dapat kita temui lagi di sisi atas, ternyata Redmi Note memiliki fitur dual-mic. Fitur ini sangat berguna untuk mengurangi noise pada saat melakukan/menerima panggilan telepon. Selain itu terdapat juga tempat untuk jack headset.

redminote3Kata ‘Merah’ dari nama Redmi sendiri tidak dapat ditemukan dimana-mana kecuali pada tombol navigasi.

redminote5

 

Buat yang tidak bisa hidup tanpa notifikasi LED, Redmi Note memilikinya dengan warna yang (kayanya sih – belum dites) bisa diatur.

redmi note LED

 

Redmi Note memiliki ketebalan sebesar 9,45mm. Tidak bisa memenangkan kategori ponsel paling tipis dalam standard saat ini, namun mengingat kapasitas baterainya yang cukup besar, Note tidak terlihat begitu tebal. Berikut perbandingannya dengan Motorola Moto G:

Redmi Note VS Moto G

 

Secara ukuran layar, kembali kita bandingkan dengan Moto G, Redmi Note hanya memiliki perbedaan 1 inci saja. Namun secara keseluruhan (plus tepian/bezel yang dimiliki) Redmi Note terlihat jauh lebih besar.

Redmi Note VS Moto G

 

Demikian ulasan kami dari segi desain. Pastinya Anda setuju jika Redmi Note bukan merupakan ponsel terindah yang pernah ada. Namun memang bukan disitu nilai jual utama Redmi Note.

Harga Xiaomi Redmi Note di indonesia

Belum ada pengumuman resmi dari pihak Xiaomi mengenai berapa harga Redmi Note nantinya ketika meluncur di Indonesia. Namun kita bisa memperkirakan dari harga yang dibanderol Xiaomi untuk Singapura. Contohnya saja, untuk Redmi 1S dibanderol S$169 atau sekitar Rp.1.599.000 dan ketika dijual di Indonesia via Lazada, ponsel perdana Xiaomi ini dibanderol dengan harga yang lebih murah; Rp.1.499.000.

harga redmi note

Harga Redmi Note di Singapura (diambil dari mi.com/sg/note)

S$199 atau sekitar Rp.1.880.000 adalah harga resmi Redmi Note di Singapura. Aman jika mengatakan bahwa harga resmi Remi Note di Indonesia nantinya tetap berada di bawah angka dua juta rupiah. Prediksi kami ada di angka Rp.1.799.000.

Update: uugh, prediksi kami salah. Redmi Note secara resmi dijual di Lazada Rp.1.999.000.

Kesimpulan

Dengan performa yang mumpuni didukung dengan harga yang sangat terjangkau, Redmi Note bisa menjadi pilihan yang baik bagi penggemar-atau yang baru akan mencoba menggunakan- phablet. Tentunya jika Anda tidak bermasalah dengan desain standard dan cara pembelian yang harus rebutan.

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

1 Response

  1. nia says:

    performa tidak bagus, saya saja baru membelinya berniat membeli hape baru yang lain uh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>