[Preview] Microsoft Lumia 535 – Nokia Mana?

microsoft lumia 535

Microsoft Lumia 535 – Kredit: http://www.trustedreviews.com/microsoft-lumia-535-photos

Resmi “mendepak” Nokia, Lumia 535 adalah ponselpintar pertama dengan merk Microsoft. Menyasar kelas menengah-bawah, ponsel ini akan bersaing dengan lawan yang cukup tangguh. Bagaimanakah Lumia 535 dapat bertahan ditengah pertempuran spesifikasi dan harga yang begitu sengit? Simak selengkapnya setelah break berikut.

-break-

Spesifikasi Microsoft Lumia 535

Lumia 535

Ditujukan untuk kelas menengah-bawah, Lumia 535 tidak memiliki spesifikasi yang “wow”. Meski demikian, beberapa hal merupakan peningkatan dari seri sebelumnya, Lumia 530. Berikut highlight spesifikasi dari Microsoft Lumia 535:

Item Spesifikasi
Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900HSDPA 900 / 2100
Dual SIM Ya (Micro-SIM)
Slot SD Card Ya (up to 128 GB)
OS  Microsoft Windows Phone 8.1
CPU  Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU  Adreno 302
Sensor  Accelerometer, proximity
RAM  1 GB
Memory Internal  8 GB
Layar  IPS 540 x 960 piksel, 5,0 inci (~220 ppi pixel density)
Proteksi Layar  Corning Gorilla Glass 3
Kamera Depan  5 MP
Kamera Belakang  5 MP – dengan autofocus dan LED flash
Baterai  1905 mAh – Non-Removable
Radio FM  Ya

Preview

Seperti paham dengan keinginan pasar, Microsoft menyematkan fitur dual sim ke dalam Lumia 535. Fitur ini cukup banyak dicari di ponsel kelas menengah-bawah, terlebih di kawasan Asia. Peningkatan layar dari 4 inci di 530 menjadi 5 inci merupakan sebuah kemajuan. Terlebih ketika hampir tidak ada lagi produsen yang meluncurkan ponselpintar baru dengan layar 4 inci (bahkan Apple!). Juga memory ponsel yang di-upgrade menjadi 1 GB untuk RAM dan 8 GB untuk ROM.

Dari kamera, 5 mp di belakang mungkin akan disesalkan banyak peminat, Namun 5 mp di depan dan didukung fitur wide-angle rasanya akan banyak disambut hangat. Soal performa dan kualitas, diperlukan review yang lebih mendalam.

Selain itu, Lumia 535 juga mendapat dukungan dari fitur-fitur Microsoft seperti Skype (mampu meng-upgrade panggilan telepon biasa menjadi panggilan telepon Skype), dan Cortana yang banyak dipuji sebagai Siri yang lebih baik. Pilihan warna yang beragam serta dapat diganti juga merupakan hal yang baik.

Berikut video promosi resmi Lumia 535:

 

Harga

Lumia 535Karena ditujukan untuk kalangan menengah-bawah, harga Lumia 535 tentu akan dibanderol cukup terjangkau. Terlebih ketika persaingan ponselpintar di kelas ini sudah cukup panas dengan pemain-pemain seperti Moto G, Honor 3C, dan tentunya Redmi 1S. Rp.1.499.000 adalah banderol yang akan melekat pada gadget pertama Microsoft ini. Sama persis dengan harga Redmi 1S.

Kesimpulan

Meski menanggalkan Nokia, Microsoft rupanya masih senang dengan trademark desain Lumia khas Nokia. Seri yang digunakan pun masih melanjutkan seri sebelumnya. Percobaan pertama brand Microsoft ini cukup percaya diri menantang pasar menengah-bawah dengan harga di bawah 2 juta. Meski demikian, penggunaan Snapdragon 200 dinilai terlalu pelit, dan beberapa review mengatakan telah merasakan sedikit lag pada saat menggunakan. Layar yang sub-HD juga dinilai tidak dapat bersaing dimana telah banyak beredar di pasaran perangkat yang menggunakan layar HD (720p) dan juga prosesor yang lebih baik (Snapdragon 800).

Namun demikian, Lumia 535 banyak dinilai memberikan peningkatan dari seri Lumia 530 sebelumnya. Kamera depan yang memiliki fitur wide-angle juga cocok buat yang gemar selfie berjamaah. Dengan banderol satu setengah juta, Microsoft Lumia 535 bisa menjadi pilihan menggiurkan bagi yang ingin mencoba Windows 8.1 pada perangkat ponsel. Oh, dan back cover dengan berbagai pilihan warna serta dapat diganti merupakan nilai plus.

Saat ini Lumia 535 masih dalam masa pre-order. Apabila Anda tertarik memilikinya, ada beberapa penawaran menarik yang dapat Anda temui dari online shop yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah dinomarket.com yang menawarkan paket bundling dan promo cashback.

Lumia 535Informasi lebih lengkap dapat disimak disini.

 

 

 

Kredit gambar Lumia 535: trustedreviews

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

1 Response

  1. Fonda says:

    tergolong murah ya layar 5 inci harganya dibawah 2 juta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>