Prediksi Siri dan Cortana Tentang Juara Piala Dunia 2014

Microsoft Cortana

Masih ingatkah anda dengan kisah seekor gurita bernama Paul yang berhasil menebak sebagian besar hasil pertandingan di Piala Dunia 2010 yang lalu? Saat itu, si gurita peramal tersebut memang begitu terkenal, dan prediksinya menjadi buah bibir di seluruh dunia. Selepas perhelatan akbar yang berlangsung di Afrika Selatan tersebut, Paul si gurita pun meninggal. Lalu siapakah yang kini pantas menggantikannya?

Baca Juga : Prediksi Cortana – Jerman dan Argentina di Final Piala Dunia 2014

Adalah Microsoft, yang berusaha menggantikan posisi Paul si gurita dalam urusan prediksi hasil Piala Dunia yang saat ini sedang berlangsung di Brazil. Microsoft coba melakukan hal tersebut lewat software kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) milik mereka yang bernama Cortana. Untuk membuat prediksi tersebut, Cortana memanfaatkan mesin pencari Bing yang menghitung segala aspek yang berhubungan dengan pertandingan, mulai dari rekor kemenangan, waktu pertandingan, kondisi cuaca, kondisi rumput di stadion, dan lain-lain. Sebelumnya, Microsoft juga telah menggunakannya untuk memprediksi siapa yang akan menjadi juara dalam acara reality show The Voice, Dancing With The Stars, dan American Idol.

Bagaimana Hasil Prediksi Cortana untuk Piala Dunia 2014?

Sejauh ini, dari 8 prediksi yang dibuat Cortana dalam babak 16 Besar Piala Dunia 2014, semuanya terbukti benar. Hal ini cukup mengundang decak kagum. Namun beberapa pihak menganggap kalau benarnya prediksi Cortana tentang siapa yang menjadi pemenang dalam pertandingan-pertandingan tersebut lebih karena ‘mudah’nya pertandingan tersebut untuk diprediksi. Seperti yang kita tahu, semua yang berhasil menjadi pemenang di babak 16 Besar merupakan juara grup di babak penyisihan, sehingga wajar kalau mereka menang, sesuai dengan prediksi Cortana.

Cortana World Cup

Prediksi Cortana untuk Babak Perempat Final World Cup 2014

Kini Piala Dunia 2014 telah mencapai babak Perempat Final, dan hasil pertandingan makin sulit untuk diprediksi. Akankah Cortana masih bisa mempertahankan rekor 100% yang kini dipegangnya? Kita lihat saja.

Update :

Cortana menebak kalau Brazil, Jerman, Argentina, dan Belanda akan lolos ke babak Semi Final, dan tebakan tersebut kembali terbukti benar. Ini artinya, Cortana berhasil menebak dengan benar pemenang dalam 12 pertandingan dari 12 kali kesempatan menebak, Wow!

Siri pun Ikut Membuat Prediksi Piala Dunia 2014

Microsoft telah membuat sebuah terobosan dengan prediksi pemenang pertandingan di Piala Dunia 2014, dan hal itu tak luput dari pengamatan saingan mereka, Apple. Seperti yang kita tahu, Apple juga mempunyai sebuah software kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang bernama Siri. Kalau Cortana bisa membuat prediksi yang terbukti benar, mengapa Siri tidak bisa?

Dan Apple pun coba melakukannya, namun dengan cara yang berbeda. Bila kita menanyakan kepada Siri

“Who will win, Brazil or Colombia?” (Siapa yang akan menang, Brazil atau Kolombia?),

maka Siri akan menjawab

“I don’t have the line on this one, but Colombia has a better record than Brazil” (Saya tidak punya kapasitas untuk menjawab ini, tapi Kolombia punya rekor pertandingan yang lebih baik daripada Brazil).

Siri pun kemudian menambahkan rekor pertandingan kedua negara di Piala Dunia 2014 yang ia dapatkan dari mesin pencari Yahoo. Jawaban yang sedikit mengambang, jauh dari apa yang bisa diberikan Cortana.

Apakah Apple akan memperbaiki fitur tersebut? Ataukah mereka hanya akan diam saja dan membiarkan Cortana merebut perhatian dunia dalam gelaran Piala Dunia tahun ini? Hanya Apple yang bisa menjawab hal ini. Yang pasti, jangan sampai kita menganggap prediksi kedua software kecerdasan buatan tersebut adalah prediksi yang pasti benar, apalagi sampai membawanya untuk berjudi. Jangan!

Baca Juga : Prediksi – Inilah Juara Piala Dunia 2014 Menurut Cortana (Ssstt … Jerman)

Sumber Gambar : mashable.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>