PewDiePie Resmi Menjadi Pengguna Youtube Paling Populer di Dunia

PewDiePie

Siapa di antara pembaca yang tidak mengenal Rihanna? Hampir semua pembaca, terutama yang juga merupakan penggemar musik, pasti tahu tentang penyanyi bersuara indah ini. Ketika akun Youtube miliknya dinobatkan sebagai akun paling populer di seluruh dunia, semua orang pun maklum, karena ia merupakan seorang penyanyi terkenal yang sudah sering muncul di tayangan televisi. Namun ketika ada seorang pengguna yang tiba-tiba berhasil mengumpulkan 30 Juta pengguna untuk mengikuti channel pribadinya dan menyingkirkan Rihanna dari puncak kesuksesan di Youtube, maka pasti muncul pertanyaan, orang terkenal mana lagi kali ini?

Uniknya, pengguna Youtube yang kini mengalahkan ketenaran Rihanna tersebut bukanlah seorang yang sering muncul di layar kaca. Ia hanyalah seorang penggila game asal Swedia bernama asli Felix Kjellberg yang kuliah-pun ia tidak lulus. Ia lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game dan merekam aktivitas bermain game tersebut dalam video yang kemudian ia upload di Youtube. Di dunia maya, ia dikenal dengan nama yang sedikit aneh, PewDiePie (dibaca: pyu-di-pai).

Siapa Itu PewDiePie?

Seperti yang saya sebutkan di atas, nama asli dari PewDiePie adalah Felix Kjellberg, atau lengkapnya Felix Arvid Ulf Kjellberg. Ia lahir di Gothenburg pada 24 Oktober 1989. Pekerjaannya hingga saat ini hanyalah bermain game dan merekamnya dalam video, dan dari pekerjaan tersebut ia bisa mendapatkan uang sebesar 4 Juta Dollar setiap tahunnya. Ia pun terpilih sebagai Teen Choice Awards untuk kategori “Web Star : Gaming” pada tahun 2014 ini.

PewDiePie

PewDiePie memulai kariernya sebagai fenomena di dunia Youtube dengan membuat sebuah channel pribadi pada tahun 2010. Hanya butuh waktu 2 tahun baginya, untuk mengumpulkan 1 juta pengguna. Sejak saat itu, ketenaran pun seperti mengejarnya, hingga ia pun memutuskan untuk meninggalkan kuliahnya dan berkonsentrasi dalam mengurus channel Youtube-nya.

Bagaimana PewDiePie Bisa Terkenal?

Mungkin beberapa dari pembaca ada yang heran, bagaimana seseorang bisa menjadi begitu terkenal hanya dengan mengupload video bermain game di Youtube. Perasaan heran tersebut mungkin akan hilang jika anda mengetahui bagaimana Twitch, yang merupakan layanan penyedia video khusus untuk video bermain game, akhirnya dibeli oleh Amazon dengan harga fantastis, 970 Juta Dollar.

Video bermain game, kini telah menjadi sebuah fenomena tersendiri. Ternyata game tidak hanya asyik bila dimainkan sendiri, tapi juga menarik untuk dikomentari. Itulah yang dilakukan oleh PewDiePie. Dengan hanya bermodal headset yang juga berfungsi sebagai microphone, ia pun bermain game sambil mengomentarinya dengan logat unik khas Skandinavia. Komentar-komentar itulah yang begitu dinantikan semua orang yang menonton videonya di Youtube. Tak hanya lucu, komentar-komentar PewDiePie terkadang merupakan hal-hal penting yang memang harus diketahui oleh para gamer.

Di bawah ini adalah sebuah video di mana PewDiePie memainkan Flappy Bird, yang akhirnya ditonton 22 Juta kali oleh para pengguna Youtube, yang akhirnya membuat Flappy Bird menjadi begitu terkenal.

Beberapa pengamat mengatakan kalau popularitas PewDiePie bisa terjadi karena ia memanfaatkan sebuah celah algoritma yang ada di Youtube. Seperti yang kita tahu, kemunculan sebuah video di homepage Youtube didasarkan pada ranking video tersebut. Namun anehnya, untuk membuat Ranking video terpopuler di Dunia, Youtube juga memperhitungkan ranking video tersebut di negara di mana video tersebut diupload. Karena itulah video-video PewDiePie bisa menjadi begitu populer, karena ia selalu menjadi yang terbaik di negara asalnya, Swedia. Namun terlepas dari aspek tersebut, PewDiePie tetaplah merupakan pembuat video yang cerdas dan kreatif.

PewDiePie, Seorang Gamer yang Penuh Filosofi

Video PewDiePie yang paling menarik menurut saya, justru video di mana ia tidak menampilkan adegan bermain game sedikitpun. Dalam video di atas, PewDiePie mengumumkan kalau ia akan mematikan fitur komentar di channel Youtube miliknya untuk mencegah cyber-bullying. Di video yang sama, PewDiePie juga mengatakan kalau ia tidak akan melakukan Ice Bucket Challenge, dan lebih memilih untuk menjelaskan apa itu ALS (sebuah penyakit yang menginspirasi munculnya Ice Bucket Challenge) dan langsung mendonasikan uang yang ia punya tanpa mengikuti tantangan tersebut. Dan menurut saya, semua itu merupakan bukti kalau PewDiePie, terlepas dari popularitasnya sebagai ‘Artis Youtube’, ia juga merupakan seorang pemikir yang kritis.

Bagaimana pendapat anda tentang PewDiePie, silakan sampaikan dalam kolom komentar di bawah ini, sebelum kami menghapusnya juga (just kidding).

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>