Petuah Michael Lints (Golden Gate Ventures) Untuk Startup Indonesia

Michael Lints

Pada tahun 2011, 3 orang serial entrepreneur yang telah lama berkecimpung di dunia startup Silicon Valley berkumpul, dan memutuskan untuk membangun sebuah Venture Capital dengan nama Golden Gate Ventures. Mereka adalah Vinnie Lauria, Jeffrey Paine, dan Paul Bragiel. Saat membuat Golden Gate Ventures, mereka bertiga mempunyai visi untuk melokalisasi bisnis yang telah sukses di Silicon Valley dan membuatnya menjadi startup yang sukses di Asia Tenggara. Pada kamis malam minggu lalu (2/7), salah satu Partner dari Golden Gate Ventures, Michael Lints, hadir di Jakarta dan berbagi cerita dan tips penting mengenai dunia startup.

Saat ini, sudah ada beberapa startup Indonesia yang didanai oleh Golden Gate Ventures, seperti Bilna (E-commerce perlengkapan bayi), Codapay (sistem pembayaran online), dan Alodokter. Menurut Michael Lints, Golden Gate Ventures memutuskan untuk memberi pendanaan kepada startup-startup tersebut karena mereka yakin sang founder mempunyai visi dan strategi yang jelas dalam menjalankan bisnisnya. Michael menambahkan kalau saat bertemu dengan founder sebuah startup, ia biasa mendorong sang founder untuk bercerita tentang dirinya dan startup yang ia bangun. Menurut Michael, ia lebih menyukai founder yang mengekspresikan masalah yang ingin ia selesaikan dengan startup yang dibuat, daripada founder yang terlalu textbook dan terkesan seperti robot. Contohnya adalah ketika ia bertemu dengan founder dari Bilna, Michael mengatakan kalau ia terkesan dengan bagaimana sang founder mengetahui besarnya potensi produk bayi di Indonesia. Sang founder juga sadar bagaimana Bilna harus berkembang, dengan terlebih dahulu fokus dengan penjualan di Indonesia.

Michael Lints di Tech in Asia Tour Jakarta

Michael Lints di Tech in Asia Tour Jakarta

Selain penjelasan umum tentang startup, Michael juga menjawab beberapa pertanyaan pengunjung yang hadir, yang bisa kalian simak di bawah ini.

Bagaimana Indonesia bisa menjadi rumah yang baik untuk startup?

Indonesia punya kekuatan untuk menjadi sebuah negara yang baik untuk perkembangan startup. Untuk mewujudkannya, Indonesia tidak harus mengikuti seluruh aturan yang diberlakukan oleh negara-negara dengan perkembangan startup yang baik seperti China dan India. Menurut Michael, ambil saja hal-hal yang baik dari negara-negara tersebut, karena setiap negara akan menemukan caranya masing-masing untuk menjadi rumah yang baik bagi perkembangan startup.

Apakah sebuah startup baru harus masuk ke dalam sebuah Inkubator / Akselerator startup?

Inkubator / Akselerator tidak semuanya baik, karena itu kita harus selektif apabila ingin bergabung dengan mereka. Bergabung dengan inkubator bisa memberikan hal-hal positif karena mereka tahu bagaimana cara menjual, tahu banyak koneksi bermanfaat, dan lain-lain. Namun Michael menegaskan kalau yang terpenting bagi sebuah startup adalah produk mereka sendiri, bukan hal-hal yang diberikan oleh Inkubator / Akselerator tersebut. Karena itu, jangan sampai sebuah startup terlalu fokus dengan aktivitas di dalam Inkubator, dan melupakan pengembangan produk mereka sendiri.

Bagaimana cara terbaik untuk membuat sebuah startup baru menjadi sempurna dan populer?

Hitung berapa jumlah temanmu yang ada di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya. Selanjutnya, kenalkan mereka semua dengan startup baru tersebut, dan minta pendapat jujur mereka tentang startup tersebut. Kemudian, dari komentar-komentar mereka, terus perbaiki startup anda hingga akhirnya menjadi sempurna dan dikenal oleh seluruh teman anda.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

3 Responses

  1. winar says:

    membangun stratup butuh kerja keras dan kesabaran, mengingat semakin banyak startup baru yang bermunculan..

  2. alya says:

    startup disini buat apa sih min? ra ngerti aku. hehe

  3. de nature says:

    semangat dan kerja keras agar bisa menjadi starup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>