Penjualan Xiaomi Menembus 10 Besar! Di Dunia! Dua Kali!

xiaomiJika pada tahun 2012 penjualan smartphone didominasi oleh brand terkemuka seperti  Apple dan Samsung, pada kuarter pertama di 2014 masih sama. Apple dan Samsung masih tetap mendominasi peringkat 10 teratas dalam penjualan smartphone di dunia. Hal tersebut nampak tidak terlalu mengejutkan mengingat ketersediaan produk, kualitas, nama, serta strategi pemasaran brand tersebut memang mendunia.

Cukup menghebohkan jika kita melihat sebuah nama vendor smartphone yang cukup asing dimana level ketersediaan produk, brand awareness, serta strategi pemasaran yang diterapkan berada jauh dari level Apple dan Samsung muncul dalam perinkat 10 besar tersebut. Sangat menghebohkan bila nama tersebut muncul dua kali!

Adalah Xiaomi, produsen smartphone asal Cina yang tengah naik daun, yang berhasil nyempil diantara raksasa semisal Apple dan Samsung dalam peringkat 10 terbesar penjualan smartphone di dunia. Adalah Xiaomi, perusahaan yang baru berusia 4 tahun, yang berhasil menyisipkan 2 (dua) produknya dalam peringkat tersebut; Xiaomi Redmi pada peringkat ke-7, serta flagship terbarunya Mi3 di posisi ke-10.

Top 10 penjualan smartphone

 

 

Ekspansi Xiaomi

Tentunya ini sebuah prestasi yang luar biasa besar bagi Xiaomi. Pasalnya, Xiaomi hanya menjual Redmi dan Mi3 di China, Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Selain itu, bahkan di ke-empat negara tersebut, Xiaomi bukanlah merek yang terkenal royal dalam iklan dan pemasaran. Berbeda dengan Samsung dan Apple yang iklannya sering kita jumpai dalam berbagai media. Kesemua itu membuat ketakjuban yang luar biasa ketika Xiaomi berhasil menduduki 2 posisi di 10 besar penjualan dunia.

Kesuksesan Xiaomi ini bisa jadi akan membuat beberapa brand ternama mulai merevisi strateginya untuk membendung ekspansi Xiaomi. Karena akan mudah sekali membayangkan kesuksesan start-up ini ketika Xiaomi memutuskan untuk melakukan ekspansi di pasar Amerika dan Eropa. Untuk Indonesia, mengingat Xiaomi akhir tahun lalu baru saja mendirikan basisnya di Singapura, rasa-rasanya akan sangat mudah bagi Xiaomi jika memutuskan akan mengikuti jejak Oppo untuk bermain di pasar Indonesia. Kita tunggu saja.

 

 

sumber: counterpointresearch | gizchina

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>