Penjualan 10.000 Himax Polymer Octa Core Tuntas Dalam 3 Jam

Himax Polymer Octa Core

Kami akhirnya mendapat waktu resmi yang dibutuhkan oleh Himax untuk menjual habis 10.000 device terbarunya, Himax Polymer Octa Core. Penjualan yang berlangsung pada hari Jum’at, 29 Agustus 2014 yang lalu tersebut berakhir dalam waktu 3 Jam 10 Menit. Waktu ini lebih lama 1 jam dari penjualan Himax Pure III sebelum ini yang selesai hanya dalam waktu 2 Jam.

Hal tersebut sepertinya masih bisa dimaafkan karena jumlah device Himax Pure III yang dijual sebelumnya memang lebih sedikit, hanya berjumlah 5.000 unit. Bila kita hitung dari kecepatan penjualan per menit, maka kita bisa melihat peningkatan penjualan dari 40 device per menit (penjualan Himax Pure III) menjadi 50 device per menit (penjualan Himax Polmer Octa Core). Kenaikan ini terbilang sangat kecil, dan bisa diartikan sebagai kurang tercapainya target dari promosi yang dilancarkan Himax.

Himax Yang Mengharapkan Peningkatan Penjualan Secara Signifikan

Siapa yang tidak berminat dengan Himax Polymer Octa Core, sebuah smartphone dengan prosesor Octa-Core MT6592 yang hanya berharga 2 Juta Rupiah? Mungkin itulah yang ada di dalam pikiran para staff marketing Himax ketika mereka mengumumkan penjualan smartphone terbaru mereka tersebut. Sebelumnya pun mereka sempat melakukan uji coba yang cukup berhasil dengan Himax Pure III. Karena itu, produsen smartphone yang berdiri pada tahun 2012 itu pun berani meluncurkan Himax Polymer Octa Core dengan jumlah yang 2 kali lipat lebih banyak, yaitu 10.000 unit.

Peningkatan jumlah device yang begitu signifikan ini, diharapkan bisa langsung habis dalam waktu yang singkat. Namun fakta di atas mengatakan kalau peningkatan penjualan yang terjadi sangatlah kecil. Secara keuntungan memang tidak ada pengaruh yang berarti karena semua device habis terjual. Namun hal ini bisa menjadi penanda kalau minat masyarakat terhadap produk Himax mulai berkurang. Apa yang sebenarnya terjadi?

Kehadiran smartphone lain yang juga menjalankan strategi marketing yang sama, merupakan salah satu alasan yang mungkin terjadi. Seperti kita tahu, peluncuran Himax Polymer Octa Core ini sangat berdekatan dengan peluncuran smartphone Xiaomi Redmi 1S yang akan dijual oleh Lazada dalam waktu dekat. Menurut informasi dari Lazada, jumlah Xiaomi Redmi 1S yang akan dilepas mencapai angka 40.000 unit.

Pengalaman ini pasti akan dipelajari oleh Himax, dan akan dipertimbangkan dalam penjualan device-device mereka berikutnya. Mungkin yang mereka bisa benahi saat ini adalah sisi marketing yang mereka lakukan lewat jejaring sosial dan forum internet, diawali dengan membersihkan Forum Resmi Himax Indonesia yang saat ini penuh dengan thread-thread yang berisi spam.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>