Pengguna Aktif di WhatsApp Tembus Angka 600.000.000

WhatsApp

Ketika dibeli oleh Facebook seharga 19 Milyar Dollar (sekitar 200 Trilyun Rupiah) di bulan Februari yang lalu, jumlah pengguna aktif di WhatsApp hanyalah 450 Juta pengguna. Angka itu langsung bertambah pada bulan April 2014, ketika Jan Koum, sang pimpinan dari WhatsApp, mengatakan kalau pengguna aktif mereka dalam jangka waktu 1 bulan telah melewati angka 500 Juta. Kini, hanya berselang 4 bulan, WhatsApp kembali mengumumkan kalau pengguna aktif mereka telah mencapai angka 600 Juta pengguna. Wow!

Mendengar berita ini, Facebook pasti sangat-lah bahagia. Dengan begini, WhatsApp kembali terbukti sebagai yang terdepan di bisnis aplikasi pengiriman pesan. Tapi apakah WhatsApp sudah benar-benar menguntungkan secara finansial? Sayangnya belum. Saat ini, pemasukan WhatsApp hanya bergantung pada ‘iuran’ para penggunanya yang hanya sebesar 1 Dollar setiap tahunnya. Total uang yang didapat pastilah lebih kecil bila dibandingkan dengan Line dan WeChat yang telah banyak meraih keuntungan dari menyediakan game secara online.

Sejauh ini, dengan angka 600 juta pengguna aktif, WhatsApp berhasil mengalahkan seluruh aplikasi pengiriman pesan yang lain. Di tempat kedua ada WeChat dengan 438 juta pengguna aktif, diikuti oleh Line dengan 235 juta pengguna aktif. Setelah mereka baru ada nama-nama seperti Viber, 100 juta pengguna aktif, dan Tango, 70 juta pengguna aktif.

Jan Koum, Mengumumkan Sekaligus Menyindir

Ketika mengumumkan kalau WhatsApp telah melewati angka 600 juta dalam hal jumlah pengguna aktif, Jan Koum mengatakan hal seperti ini lewat akun twitter resminya.

“Sekarang melayani 600.000.000 pengguna aktif per bulan. Yup, ‘aktif’ dan ‘terdaftar’ adalah dua jenis angka yang berbeda”

Hal itu seolah menyindir Line dan Kik, 2 aplikasi pengiriman pesan lainnya, yang seringkali hanya mengumumkan jumlah pengguna yang terdaftar, bukan jumlah pengguna yang aktif. Seperti kita ketahui, banyak pengguna aplikasi pengiriman pesan yang hanya mendaftar saja, tapi hampir tidak pernah menggunakannya sehari-hari.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>