Pemiluman, Aplikasi Pemenang Code for Vote 2.0 Diluncurkan di Google Play

Logo Pemiluman

Pada kompetisi Code for Vote 2.0 yang diselenggarakan oleh Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) kemarin, tim asal Bandung yang bernama Ice Barbel berhasil menjadi juara. Di kejuaraan tersebut, mereka membuat sebuah aplikasi mobile yang diberi nama Pemiluman. Berkat prestasinya tersebut, mereka pun berhak atas uang sebesar Rp 12.000.000 untuk mengembangkan aplikasi mereka dan kesempatan untuk mengunjungi kantor Google di Singapura. Setelah kompetisi itu berakhir, muncul sebuah pertanyaan, apakah aplikasi Pemiluman ini nantinya akan diluncurkan ke publik?

Aplikasi Pemiluman Resmi Diluncurkan di Google Play

Pemiluman Screenshot

Jawaban yang saya tanyakan di atas, akhirnya terjawab sudah. Sejak tanggal 26 Juni 2014 kemarin, Aplikasi Pemiluman resmi hadir di Google Play. Baru beberapa hari, ribuan orang telah mendownload aplikasi tersebut dan memberikan rating yang cukup bagus. Besarnya hanya sekitar 5 MB, dan bisa berjalan di versi Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke atas. Bagi pembaca yang ingin mendownloadnya, bisa langsung mengunjungi link berikut.

Aplikasi Pemiluman ini resmi didaftarkan di Google Play dengan nama pembuat Himpunan Mahasiswa Informatika Institut Teknologi Bandung (HMIF ITB). Di saat yang sama, HMIF ITB juga mendaftarkan sebuah aplikasi game yang juga tentang pemilu. Mereka memberinya nama Kuis Pemilu. Ingin tahu bagaimana isi 2 aplikasi tersebut? Tunggu ulasan lengkap kami di seri Intip Aplikasi yang tidak lama lagi akan kami publikasikan.

Apa Saja Yang Ada di Dalam Aplikasi Pemiluman

Pemiluman Content

1. Bandingkan – Perbandingan secara langsung (head-to-head) para calon presiden dan wakil presiden.

2. Endorsement – Jumlah vote dari para pengguna tentang karakteristik calon presiden dan wakil presiden.

3. Janji – Apa yang dijanjikan para calon presiden dan wakil presiden saat kampanye.

4. Berita, Video, dan Events – Kabar terkini tentang pasangan calon presiden dan wakil presiden.

5. Pelanggaran - Rangkuman pelanggaran yang dilakukan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

6. Pengetahuan Umum - Informasi dan peraturan seputar proses pemilihan presiden dan wakil presiden.

Munculnya beberapa kompetisi pembuatan aplikasi mobile terbukti sukses untuk memunculkan bakat para programmer-programmer Indonesia. Para programmer tersebut pun hadir dari kampus-kampus terkenal di tanah air. Semoga fenomena ini tak sekedar angin lalu, dan mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Semoga!

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>