Pembelian Aplikasi Google Play Kini Bisa Dengan Pulsa Telepon

Beli Aplikasi Dengan Pulsa Indosat

Pemakaian kartu kredit yang masih terbatas di Indonesia, menjadi salah satu penyebab mengapa penjualan barang-barang secara online masih kurang begitu diminati. Saat ini, hanya sekitar 3% – 6% dari seluruh penduduk Indonesia yang mempunyai kartu kredit. Salah satu pasar yang terkena imbas dari fenomena ini adalah penjualan aplikasi smartphone lewat pasar-pasar aplikasi mobile seperti Google Play dan AppStore. Normalnya, apabila seorang pengguna mempunyai kartu kredit, mereka hanya perlu memasukkan nomor kartu mereka, untuk kemudian bisa dengan bebas membeli aplikasi-aplikasi yang ada di pasar aplikasi mobile seperti itu.

Indosat Jadi Yang Pertama Menyediakan Fitur Pembelian Aplikasi Google Play Dengan Pulsa

Semua keterbatasan itu membuat sebuah operator telekomunikasi di Indonesia, Indosat, memikirkan suatu gebrakan. Mereka pun mulai mendekati Google untuk melakukan kerja sama. Mengapa mereka memilih untuk mendekati Google? Karena Google merupakan pemilik dari sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Android. Google juga memiliki pasar aplikasi mobile yang paling ramai di muka bumi, Google Play.

Indosat 1

Hasilnya, baru-baru ini Indosat pun mengumumkan layanan terbaru mereka, di mana seluruh pelanggan Indosat bisa membeli aplikasi di Google Play secara langsung dengan pulsa telepon mereka. Nantinya pulsa telepon tersebut akan dipotong sesuai dengan harga dari aplikasi yang tertera di Google Play, ditambah dengan PPN 10%.  Adapun bagi pelanggan pascabayar, setiap pembelian aplikasi di Google Play akan ditagihkan ke tagihan bulanan mereka.

Indosat merupakan operator pertama di Indonesia yang menerapkan sistem potong pulsa untuk membeli aplikasi Android seperti ini. Operator-operator lain lebih memilih untuk membuat pasar aplikasi lain yang sistem pembayarannya mereka atur sendiri, seperti XL yang membuat Gudang Aplikasi, dan Telkomsel yang membuat WePlay.

Cara Mengaktifkan Fitur Pembelian Aplikasi Google Play Dengan Pulsa

Untuk mengaktifkan layanan ini, pengguna indosat hanya perlu merubah pengaturan (setting) cara pembayaran “Payment Option” dan memilih pilihan “Enable Indosat Billing”.

Beli Aplikasi Dengan Pulsa Indosat 2

Saat ini, pelanggan Indosat telah mencapai 54,3 Juta pelanggan, di mana 8 juta di antaranya merupakan pengguna smartphone. Namun di antara  8 juta pelanggan tersebut, hanya 1,6 Juta yang menggunakan smartphone berbasis Android. Dengan layanan ini, angka tersebut diharapkan bisa meningkat, karena banyak pengguna Android yang masih menjadi pelanggan operator lain lebih memilih untuk hijrah menjadi pelanggan Indosat demi bisa menggunakan fitur pembelian aplikasi secara langsung.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>