Pasangan Vlogger Inggris Zoe Sugg dan Alfie Deyes Merasa Terganggu Dengan Tingkah Para Penggemarnya dan Meminta Diberikan Ruang Pribadi yang Cukup



Video blogger atau sering disingkat menjadi vlogger adalah salah satu profesi yang belakangan muncul berkat pesatnya laju teknologi terutama di bidang pembuatan video. Vlogger tersebut bisa membuat video yang kemudian diunggah di kanal-kanal yang tersedia dan mendapatkan penghasilan dari sana. Salah satu yang terkenal dari dunia game untuk vlogger adalah PewDiePie.

 

Namun kali ini kami tidak akan menulis tentang PewDiePie yang pada tahun lalu menjadi tokoh utama sebuah permainan di platform Android.

 

Yang menjadi sorotan kami adalah pasangan Zoe Elizabeth Sugg dan kekasihnya Alfie Deyes yang juga merupakan seorang vlogger. Mereka baru-baru ini memohon kepada para penggemarnya untuk memberikan sedikit ruang untuk kehidupan pribadi mereka berdua.

Zoe-Sugg-Blue-Eyes-Photos

Zoe, yang lebih dikenal dengan Zoella di dunia maya awalnya bekerja di sebuah perusahaan desain interior ketika mulai mengawali karirnya sebagai seorang blogger. Blog yang diberi nama Zoella ini mulai berjalan pada tahun 2009.

 

Kecantikan dan gaya hidup yang trendi menjadi tema utama blog Zoella yang sampai sekarang telah mengumpulkan sekitar 11 juta pengikut dengan total ditonton sekitar 600 juta kali.

 

Kanal pertamanya yang bernama zoella280390 yang diambil dari tanggal lahirnya kebanyakan berisi tips-tips kecantikan dan ulasan produk-produk yang disukai oleh Zoe. Kanal keduanya, MoreZoella, lebih banyak berisi kegiatan Zoe sehari-hari.

 

Pada tahun 2013, harian Telegraph memasukkan Zoe ke dalam daftar penduduk Inggris paling berpengaruh di jagat Twitter.

 

Pada  tanggal 28 Desember 2015 yang lalu, Zoe melalui akun Twitternya berkicau tentang kesabarannya yang mulai terkikis oleh orang-orang yang datang ke rumahnya kemudian mengintip ke dalam rumah atau sekedar membunyikan bel.

 

Kekasih Zoe, Alfie Deyes yang menggunakan pseudonim PointlessBlog juga berkicau tentang hal serupa. Dia memprotes orang-orang yang membawa anak mereka ke rumah Alfie. Anak-anak ini kemudian oleh orangtuanya diangkat untuk memanjat tembok rumah dan diminta mengambil gambar candid Alfie. Alfie menyarankan jika para penggemarnya ingin bertemu dengan Alfie, jangan memakai cara tersebut. Jika mau, Alfie menyarankan mereka untuk datang ke acara jumpa penggemar yang memang bertujuan untuk mempertemukan Alfie dengan penggemarnya.

Vlogger Zoe Sugg (@ZozeeBo) dan kekasihnya Alfie Deyes (@PointlessBlog)

 

Di antara para penggemar pasangan yang sering disingkat Zalfie tentu saja tidak semua sepakat dengan keinginan dari idolanya. Akun Amy [SDMN] mengatakan selamat datang ke ketenaran serta bertanya apakah Zoe dan Alfie tidak menyadari kemungkinan tersebut selama ini.

 

Zoe membela diri dengan membalas kicauan tersebut. Dalam kicauannya, Zoe mengatakan bahwa dia dan Alfie tidak pernah mengincar ketenaran sejak awal.

 

Zoe juga merambah bidang lain sejak tahun 2014 silam. Dia menerbitkan sebuah novel yang berjudul Girl Online yang diterbitkan oleh Atria. Sekuelnya, Girl Online: On Tour diterbitkan bulan Oktober kemarin.

 

Kejadian ini setidaknya menunjukkan keberadaan fenomena para pesohor-pesohor dunia maya telah mengalami permasalahan yang sama dengan di dunia nyata. Dan sekali lagi membuat kita perlu merenungi juga seberapa penting ruang pribadi di dunia yang semakin tidak jelas batas antara ‘pribadi’ dengan ‘publik’ khususnya di dunia maya. 

 

Nawir

Seorang pembaca buku, pecinta alam semesta, penyuka filsafat, penonton film.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>