Oulu – Pusat Startup di Kutub Utara

Oulu

Jangan kaget dengan judul di atas, karena memang tidak ada startup yang berlokasi benar-benar di Kutub Utara. Namun di daerah dingin di sekitar Kutub Utara, tepatnya di Finlandia, ada sebuah kota yang bernama Oulu. Nokia, raksasa handphone asal Finlandia, pernah menanamkan modal di Oulu dan menjadikan kota tersebut penuh dengan fasilitas dan lingkungan penunjang perkembangan inovasi teknologi. Kota tersebut memang hanya merasakan suhu di atas 0 derajat Celsius selama 6 bulan dalam setahun, namun kini kota tersebut telah begitu hangat dengan ramainya startup yang bertebaran di seluruh kota.

Nokia

Sejak tahun 1995 sampai tahun 2010 silam, Kota Oulu benar-benar dimanjakan oleh kucuran dana dari Nokia. Sayangnya, sejak kemunduran yang dialami Nokia pada tahun 2010, hal itu juga berimbas kepada perkembangan teknologi di Oulu. Beberapa startup yang berdomisili di sana mulai rontok. Technopolis, Polar, Elektrobit, dan Jot Automation adalah beberapa startup yang hanya tinggal namanya.

Melihat hal tersebut, Juha Liikala, Juha Karppinen dan Tom Laine mempunyai ide untuk melakukan perubahan. Mereka ingin menjadikan Oulu sebagai tempat yang baik untuk perkembangan startup. Karena itu mereka akhirnya memutuskan untuk menyelenggarakan acara Friendtrepreneur, sebuah ajang diskusi untuk menyebarkan ide mereka. Puluhan orang datang ke ajang tersebut, dan semua membicarakan langkah-langkah kongkrit untuk memajukan startup di Oulu. Dari diskusi tersebut akhirnya lahirlah SomePitching (tempat beradu inovasi bisnis di dunia maya), dan Starttaamo (semacam pusat penangkaran startup).

Startup-Startup Awal

4 orang aktivis startup di Oulu, Vesa Ilola, Tom Laine, Ykä Marjanen, dan Teemu Polo, bersama-sama mendirikan SomePitching pada tahun 2010. Dengan SomePitching, mereka menawarkan kompetisi startup yang mengharuskan pesertanya untuk menyajikam konsep bisnis dalam bentuk video singkat. Para juri yang dipilih tak hanya menilai dari aspek-aspek teknis, tapi juga strategi pemasaran dan peluang startup tersebut untuk bisa menjadi startup besar.

Berbeda dengan SomePitching, Starttaamo merupakan lembaga non profit yang berusaha menyediakan dukungan untuk para startup yang baru berkembang. Bantuan tersebut bisa berupa koneksi ke media, investor, dan berupa bantuan publikasi untuk memajukan startup-startup tersebut. Starttaamo diprakarsai oleh Teemu Polo yang kini mengepalai jajaran direksi di Starttaamo yang berisi perwakilan-perwakilan komunitas startup.

Event

Semangat dan organisasi yang mendukung sudah ada, maka Oulu hanya kurang event-event startup sebagai tempat berkumpul startup dan para investor. Midnight Pitch Fest, Polar Bear Pitching, Starttaamo Startup Week, dan GameSpring merupakan event-event startup terkemuka di Kota Oulu. Selain mereka masih ada lagi event-event kecil yang mengkhususkan diri di tema-tema tertentu.

Midnight Pitch Fest pertama kali digelar pada tahun lalu. Juuso Nissila, founder dari Valkee, adalah yang pertama kali melontarkan ide acara tersebut. Ia terinspirasi dari event Slush yang digelar di Helsinki pada tahun 2012. Ia pun mendapat ide untuk membuat event serupa di Oulu, dan ia berhasil.

Polar Bear Pitching berbeda lagi, event ini mengandalkan keunikan event mereka yang membuat sebuah lubang kecil di dalam es yang disebut avanto untuk melakukan pitching. Keunikan tersebut mengundang media-media terkenal seperti Reuters, MTV, dan TechCrunch untuk meliput mereka.

Lain halnya dengan GameSpring, yang merupakan konferensi pihak-pihak yang berhubungan dengan industri Game di Skandinavia. Event ini dipelopori oleh Tom Laine yang bekerja sama dengan organisasi-organisasi lokal di Oulu.

Rahasia Sukses

Para penduduk Oulu merupakan orang-orang yang punya semangat dan berjiwa muda. Mereka seperti mulai dari nol dalam urusan pengembangan startup, tapi mereka memulai dengan cara yang benar, pengembangan komunitas. Setelah komunitas itu terbangun dan punya visi yang sama, mereka pun membuat event yang bisa membuka mata para investor kalau Oulu punya sesuatu untuk ditawarkan. Dengan segala keterbatasan, Oulu bisa menjadi sukses. Bagaimana dengan Jakarta? Atau kota-kota lain di Indonesia?

Lebih Lanjut

Startup di Paris (1)

Startup di Paris (2)

Startup di New York

 

Sumber Gambar : 360travel.ru

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>