OS X Yosemite, Sistem Operasi Terbaru dari Apple

OS X Yosemite

Seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, Apple benar-benar meluncurkan update-update terbaru dari produknya di acara World Wide Developers Conference (WWDC) di San Fransisco, awal Juni ini. WWDC adalah acara tahunan yang digelar Apple untuk memanjakan para pengembang (developer) aplikasi di platform iOS maupun OS X (sistem operasi Apple untuk PC mereka). Tahun ini acara tersebut telah mencapai tahun yang ke-25. Oleh karena itu, Tim Cook mengatakan kalau WWDC kali ini akan menjadi sesuatu yang spesial.

Benar saja, Apple khusus menghadirkan 1.000 programmer mereka untuk melayani para developer tersebut dalam ratusan sesi yang disediakan. Para developer yang hadir dalam acara tersebut juga spesial. Lebih dari 60% developer yang datang adalah pendatang baru yang belum pernah mengikuti WWDC sebelumnya. Bahkan, di antara mereka ada developer yang baru berusia 13 tahun. Wow!

Kembali ke pengumuman produk, apa saja hal baru yang ditawarkan Apple untuk para penggunanya? Ada Tim Cook (Chief Executive Officer dari Apple), dan Craig Federighi (Wakil Presiden Senior bidang Pengembangan Software di Apple) yang naik ke atas panggung untuk menceritakan semuanya.

OS X 10.10.

Seperti yang saya jelaskan di atas, OS X adalah sistem operasi yang digunakan Apple untuk produk PC dan Notebook mereka. Saat ini, OS X terbaru yang beredar adalah OS X Mavericks. Sejak diperkenalkan pada tanggal 10 Juni 2013, di gelaran WWDC tahun lalu, Mavericks telah terjual sebanyak 40 juta copy. Menariknya adalah, sistem operasi ini dengan cepat langsung diadopsi oleh para pengguna PC dan Notebook Apple. Setengah dari pengguna Apple langsung beralih menggunakan Mavericks dan meninggalkan OS X 10.8 yang benama Mountain Lion. Bandingkan dengan para pengguna Microsoft Windows, baru 14% yang beralih ke sistem operasi terbaru, Windows 8. Apple berharap hal itu juga bisa terjadi untuk sistem operasi terbaru mereka kali ini.

Untuk OS X 10.10, Apple memberinya nama Yosemite. Apple mengatakan kalau dalam membuat Yosemite, mereka melakukan perubahan dari sisi tampilan, sistem aplikasi, dan perpindahan data antar device.

Tampilan Transparan

Apple memberikan kesan transparan di mana-mana, seolah-olah seluruh aplikasi yang ada di dalam Yosemite terbuat dari kaca. Bahkan icon-icon yang digunakan juga mengalami perubahan desain, menjadi lebih mempunyai kesan 3 dimensi. Apabila kita melakukan perubahan gambar untuk wallpaper, maka seluruh ornamen lain juga akan mengalami perubahan sesuai dengan gambar yang kita pasang.

Today View

Today View OS X Yosemite

Bila anda adalah seorang pengguna iPhone, maka anda pasti mengetahui tampilan Today View yang bisa diakses dengan me-swipe layar bagian atas ke arah bawah. Kini, Apple pun memindahkan fitur tersebut ke dalam OS X Yosemite. Dan uniknya, kita juga bisa menambahkan widget dari pihak ketiga di dalamnya. Hampir mirip dengan Gadget yang ada di sebelah kanan layar bila kita menggunakan Microsoft Windows 7.

Spotlight, Bisa Mencari Apa Saja

Untuk mencari sesuatu, di OS X kita bisa menggunakan fitur yang bernama Spotlight. Dalam Yosemite, kemampuan Spotlight semakin bertambah. Kini, ia tak hanya bisa mencari data dan agenda pribadi kita, namun juga Wikipedia, AppStore, dan lain-lain.

Safari, Memudahkan Komunikasi

Safari, browser andalan Apple, juga ikut mengalami perbaikan di OS X Yosemite. Selain tampilan tab yang bisa dibagi menjadi beberapa folder, kita juga bisa langsung memindahkan gambar yang kita lihat di internet ke aplikasi mail, untuk selanjutnya dikirimkan ke rekan kita. Bahkan, Apple menambahkan fitur MarkUp, di mana kita bisa menambahkan ornamen-ornamen sederhana di dalam foto untuk memudahkan si penerima email untuk mengerti maksud kita. Ornamen tersebut mirip seperti yang disediakan oleh Evernote Skitch.

AirDrop, Masa Depan Seluruh Device Apple

AirDrop bisa diakses dengan tombol yang berada di pojok kiri layar OS X Yosemite. Lalu apa gunanya? Bila tombol tersebut ditekan, maka pekerjaan yang tengah anda kerjakan di PC atau Notebook bisa langsung berpindah ke iPhone dan iPad anda dalam sekejap mata, keren bukan? Fitur ini juga bisa digunakan di iPad maupun iPhone untuk memindahkan sesuatu yang sedang kita kerjakan ke PC atau Notebook.

Konektivitas perangkat PC / Notebook dengan perangkat Mobile milik Apple tak hanya sampai di situ. Bahkan, PC dan Notebook yang memakai OS X Yosemite juga bisa digunakan untuk menelepon dan mengirim pesan singkat (bila terkoneksi dengan iPhone / iPad). Fitur tersebut juga terkoneksi dengan browser Safari mereka. Tinggal arahkan cursor ke sebuah nomor telepon, maka akan muncul pilihan untuk menelepon atau mengirimkan pesan singkat. Ini adalah masa depan yang ditawarkan Apple dengan produk-produk mereka.

Selanjutnya, Tim Cook dan Craig Federighi merilis sistem operasi terbaru mereka untuk perangkat mobile, iOS 8, yang akan saya ceritakan di artikel berikutnya. Tidak ada SmartWatch atau hal-hal baru lainnya, namun Apple membuat produk-produk mereka yang telah ada menjadi jauh lebih baik.

Sumber Gambar : macrumors.com


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>