[Review] orangbaik – Aplikasi Informasi Caleg 2014

Tanggal 9 April 2014 sudah tiba, saatnya pemilu legislatif dilaksanakan. Namun kendala yang kerap kali ditemui oleh para calon pemilih adalah kurangnya informasi para calon legislatif yang akan dipilih di dapil masing-masing. Hal ini wajar dikarenakan banyaknya jumlah caleg serta jumlah partai, serta minimnya informasi yang tersedia bagi masyarakat. Paling banter liat nama dan fotonya di spanduk atau stiker angkot. Tentunya yang demikian tidaklah memadai untuk menentukan pilihan wakil kita untuk lima tahun ke depan di Senayan.

Lalu apa solusinya? Dan mengapa pula sebuah blog teknologi pusing-pusing membahas politik?

Berbeda dengan pemilu legislatif periode sebelumnya dimana kemajuan teknologi mobile tidak sederas sekarang. Dengan munculnya iOS dan Android, semua orang jadi memiliki kesempatan untuk membuat apps. Apapun itu bentuk dan tujuannya. Salah satunya, sehubungan dengan pemilu legislatif kali ini, sebagai penyedia informasi mengenai calon legislatif yang dapat dipilih.

Aplikasi OrangBaikAdalah orangbaik (dapat diakses disini), salah satu sumber referensi yang dapat dirujuk untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi bakal calon legislatif Indonesia. Dalam bentuk aplikasi mobile, orangbaik menawarkan akses langsung terhadap informasi caleg melalui smartphone Anda.

Anda mungkin berpikir “Ah, buat apa repot-repot install, emangnya gw bakal pake di jalan? Toh, kalaupun butuh informasi bisa liat internet dari browser komputer”. Awalnya kami sependapat, namun setelah dipikir-pikir, saat kita berada di jalan dan melihat baliho caleg dengan janji-janjinya, akan sangat nyaman jika kita bisa mengeluarkan smartphone kita dan melihat profil caleg tersebut. Apakah tingkat pendidikannya menunjang dia untuk mewujudkan janji tersebut misalnya. (sejujurnya, selain kegunaan itu, kami juga tidak melihat urgensinya menginstall ini di perangkat mobile kami :D).

 

Multi Platform

Aplikasi ini selain tersedia di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna iOS, juga tersedia dalam bentuk web. Berikut contoh informasi yang dapat diberikan.

aplikasi orangbaik

 

Informasi personal selain nama dan foto dapat kita jumpai seperti tempat, tanggal lahir, umur, agama, status perkawinan, dan tempat tinggal. Selain itu kita juga bisa melihat tingkat pendidikan dan riwayat pekerjaan. Memang tidak bisa dibilang lengkap, namun setidaknya jauh lebih lengkap dibanding informasi yang disediakan stiker angkot :D.

Aplikasi ini juga dapat memfilter dapil dan tingkat legislatif (ada DPR, DPD, dan DPRD tingkat I) kemudian menunjukan caleg-caleg yang ada sesuai pilihan-pilihan tersebut.

Penilaian

Selain informasi mengenai caleg, apps ini juga memberikan penilaian terhadap masing-masing caleg. Dengan [nampaknya] skala 0 sampai 100, apps ini dapat me-ranking siapa caleg yang “paling baik” menurut aplikasi orangbaik.

Penilaian OrangbaikTentunya penilaian orangbaik ini tidak bisa dijadikan acuan dalam memilih. Hal ini dikarenakan kriteria penilaian yang juga sangat sederhana dan [sepertinya] masih melibatkan judgement. Apps ini menilai beserta membobot dari tingkat pendidikan, universitas, pengalaman pekerjaan, organisasi, umur, dan wawasan akan lingkungan. Untuk empat kriteria pertama masih bisa kita terima sebagai faktor penentu kompetensi caleg, namun untuk kriteria lain seperti umur akan mendiskreditkan caleg yang relatif masig muda. Contoh ekstrimnya, jika ada dua caleg dengan tingkat pendidikan, universitas, pengalaman pekerjaan dan organisasi yang sama namun yang satu berusia 40 tahun dan yang satu berusia 79 tahun, otomatis apps ini akan memberikan nilai caleg kedua lebih tinggi.

Selain itu, sistem penilaian ini juga dapat memberikan bias untuk data caleg yang tidak lengkap. Misalnya ada caleg tertentu yang tidak/belum diketahui tingkat pendidikan atau pekerjaannya, maka sistem penilaian ini secara otomatis akan meng-0-kan nilai di kriteria tersebut. Sesuatu yang seharusnya bisa diidentifikasi dan diatasi dengan pemberian label lain (N/A misalnya), sehingga informasi akhir yang disediakan tidak misleading.

Kekurangan Lain

Selain dari sistem penilaian yang dapat dipertanyakan, kekurangan lain (atau peluang improvisasi) adalah fasilitas pencarian (search). Akan sangat nyaman apabila aplikasi ini menyediakan fitur pencarian dengan mengetikkan nama caleg yang kita inginkan informasinya.

Keputusan Akhir

Applikasi ini jauh dari sempurna, nampak dikerjakan dengan terburu-buru, dan masih memiliki banyak ruang untuk improvisasi. Namun terlepas dari semua kekurangan tersebut, aplikasi ini bisa dijadikan salah satu referensi untuk mengetahui informasi caleg pemilu legislatif 2014 secara lebih detail dan membantu para calon pemilih untuk menetapkan pilihannya – bisa juga untuk mengantisipasi “serangan fajar” nanti pagi :D. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan informasi umum mengenai pemilu dan tata caranya bagi pemilih.

 

 

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>