Oculus Crescent Bay, Prototype Virtual Reality Terbaru dari Oculus

Oculus Crescent Bay

Teknologi Virtual Reality (VR) tampaknya akan menjadi tren gadget terbaru, setelah device-device wearable tentunya. Dengan Virtual Reality, kita bisa menikmati tampilan audio visual yang hampir sama dengan kehidupan nyata, yang terus berubah-ubah seiring dengan perubahan posisi kepala kita. Dengan teknologi Virtual Reality, kita bisa melihat sebuah pemandangan yang merupakan fantasi alias khayalan ke manapun kita memandang. Karena itu, teknologi ini sangat menarik bila diimplementasikan dalam game. Dan untuk menikmatinya, kita harus memakai semacam kacamata khusus.

Oculus Development Kit 1

Oculus Development Kit 1

Sudah sejak lama sebuah perusahaan yang bernama Oculus VR berusaha membuat gadget berbentuk kacamata yang nyaman untuk dipakai menikmati Virtual Reality. Palmer Luckey dan Brendan Iribe membangun perusahaan ini sejak tahun 2012 dengan meluncurkan sebuah Development Kit dari produk utama mereka, Oculus Rift. Karena begitu menjanjikannya Oculus Rift tersebut, Facebook pun kemudian membeli perusahaan ini dengan harga 2 Miliar Dollar (sekitar 23 Triliun Rupiah).

Oculus Development Kit 2

Oculus Development Kit 2

Oculus Crescent Bay, Kini Dengan Suara 3-Dimensi

Setelah meluncurkan 2 prototype, yang mereka sebut dengan Development Kit 1 dan Development Kit 2, baru-baru ini Oculus pun meluncurkan prototype terbaru mereka, yang diberi nama Oculus Crescent Bay. Oculus meluncurkannya pada konferensi developer Oculus yang biasa disebut dengan Oculus Connect. Nama Crescent Bay sendiri diambil dari nama sebuah pantai di negara bagian California, Amerika Serikat, yang memang berbentuk seperti bulan sabit (Crescent). Brendan Iribe, sang Chief Executive Officer (CEO) dari Oculus pun menyebut Crescent Bay ini sebagai sebuah loncatan yang besar bila dibandingkan dengan prototype-prototype sebelumnya.

Oculus Crescent Bay

Oculus Crescent Bay

Apa yang menyebabkan Iribe sampai berkata seperti itu? Karena dengan prototype Crescent Bay ini kita bisa bebas berputar 360 derajat, dan tetap berada dalam dunia virtual atau VR yang disajikan Oculus. Crescent Bay juga telah dilengkapi dengan sebuah headphone, yang memberikan sensasi suara 3 dimensi. Suara 3 dimensi adalah sebuah teknologi di mana tinggi rendahnya suara yang kita dengar akan disesuaikan dengan posisi kita di dunia virtual yang sedang kita nikmati, persis dengan yang kita alami di dunia nyata. Untungnya, dengan segala penambahan fitur tersebut, prototype Crescent Bay ini malah lebih ringan bila dibandingkan dengan prototype-prototype sebelumnya.

Kapan Oculus Rift Sebenarnya Akan Diluncurkan?

Dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan, Crescent Bay tetap saja masih merupakan sebuah prototype yang tidak dijual secara massal. Entah sampai kapan Oculus mau bertahan dengan terus membuat prototype. Baru-baru ini, mereka malah membantu Samsung membuat Gear VR, sebuah perangkat Virtual Reality yang diperuntukkan untuk berjalan dengan perangkat mobile, terutama Samsung Galaxy Note 4. Semoga Oculus tidak menahan diri untuk menjual secara massal versi akhir dari Oculus Rift ini, karena Facebook pasti ingin segera mengambil keuntungan dari uang 2 Miliar Dollar yang mereka keluarkan.

Menurut kalian, apakah Oculus Rift akan laris dijual ketika resmi diluncurkan nanti?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>