NVIDIA Tegra K1 – Kaya Apa Sih?

NVIDIA sebenarnya telah mengumumkan kehadiran Tegra K1 sejak Januari tahun ini. Namun hanya beberapa hari terakhir kita mendengar NVIDIA Tegra K1 ini banyak diperbincangkan dikarenakan kehadirannya di Mi Pad. Kaya apa sih NVIDIA Tegra K1?

NVIDIA-tegra-K1Chip Tegra K1 memiliki empat inti dengan teknologi Cortex-A15 cores disetel dengan kecepatan 2,3GHz dan 192 inti GPU. Selain itu, Tegra K1 tidak lagi menggunakan arsitektur 32-bit, melainkan 64-bit.

NVIDIA Tegra K1 Vs Qualcomm Snapdragon 801

Saat ini tidak dapat dibantah bahwa seri Snapdragon dari Qualcomm merupakan seri prosesor terbaik dan banyak diadopsi perangkat mobile. Para pembuat ponsel flagship pun umumnya menggunakan seri Snapdragon terbaru. Sebut saja seri Galaxy S dan Note dari Samsung yang menggunakan chipset terbaru seri Snapdragon. Dan saat ini, seri Snapdragon yang terbaru dan tercanggih adalah Snapdragon 801. Bagaimana performa NVIDIA Tegra K1 bila dibandingkan dengan prosesor tercanggih Qualcomm saat ini?

Untungnya, akhir-akhir ini banyak beredar hasil benchmark yang membandingkan kedua prosesor gahar tersebut. Meskipun tidak dapat dipastikan ponsel apa yang digunakan untuk melakukan benchmark, Namun menurut CPU-Z ponsel yang dimaksud berjalan di sistem operasi KitKat 4,4,2 dan memiliki RAM sebesar 4GB serta display 320ppi (untuk Snapdragon 801 digunakan Oppo Find 7a sebagai ponsel benchmark, dan juga disertakan Tegra 4 NVIDIA Shield).

Buat kita-kita yang awam, langsung saja kita lihat seberapa besar skor AnTuTunya.

nvidia-tegra-k1-antutu

Terlihat bahwa Snapdragon 801 kalah cukup telak dari skor AnTuTu-nya. Sebenarnya skor 36.826 yang dicetak 801 bukanlah skor yang rendah, namun Tegra K1 mengungguli cukup jauh dengan 44.245. Tampaknya Qualcomm punya PR yang cukup serius kali ini.

Buat yang lebih senang perbandingan detilnya, dapat dilihat lebih lengkap disini.

referensi: blog.gsmarena

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>