Nvidia Shield Tablet, Gadget Gaming Dengan Tegra K1

Nvidia Shield Tablet

Bila ditanya tentang prosesor terbaik untuk grafis yang beredar saat ini, jelas Nvidia Tegra K1-lah jawabannya. Masalahnya adalah, Nvidia sering tidak punya kesempatan untuk ‘pamer’ kekuatan, karena sangat minimnya gadget yang menggunakan prosesor ini. Untuk perangkat mobile, sepertinya baru Xiaomi Mi Pad saja yang menggunakannya. Apalagi di pasar ‘home entertainment’ seperti Xbox dan PlayStation, Tegra K1 jelas tidak bisa berbuat apa-apa. Akhirnya, mereka memutuskan untuk menjalankan 1 pilihan yang tersisa, yaitu memasang Tegra K1 dalam gadget yang mereka buat sendiri, yang mereka beli nama Nvidia Shield Tablet.

Baca Juga : NVIDIA Tegra K1 – Kaya Apa Sih?

Apa Itu Nvidia Shield?

Sebelum membahas tentang Nvidia Shield Tablet, kita perlu membahas terlebih dahulu tentang apa itu Nvidia Shield. Nvidia Shield adalah sebuah fitur di mana kita bisa memainkan game PC, pada layar TV kita. Caranya, cukup dengan menghubungkan PC kita dengan TV lewat sambungan mini-HDMI, lalu pasang wireless controller Shield untuk bermain. Mudah bukan? Dengan Shield ini, Nvidia berusaha untuk menyaingi keperkasaan Xbox dan PlayStation.

Wireless Controller Shield

Wireless Controller Shield

Nvidia Shield Tablet, Versi Terbaru dari Nvidia Shield

Masalah utama yang dihadapi dalam mengimplementasikan Nvidia Shield adalah harus adanya TV yang mendukung untuk sambungan mini-HDMI. Nah, untuk mengatasi permasalahan itulah Nvidia meluncurkan Shield Tablet, sebagai pengganti yang lebih mungil dan lebih murah dari layar TV tersebut. Menariknya, Nvidia Shield Tablet tak hanya berfungsi untuk menampilkan game, tapi ia juga mempunyai fitur-fitur menarik lain.

Salah satu fitur paling menarik yang dimiliki oleh Nvidia Shield Tablet adalah integrasi dengan Twitch, sebuah layanan perekaman video proses bermain game yang telah terkenal di seluruh dunia. Bahkan, saking terkenalnya Twitch ini, Google pun memutuskan untuk mengakuisisinya dengan harga yang sangat tinggi, 1 Miliar Dollar (sekitar 11 Triliun Rupiah). Berkat integrasi dengan Twitch tersebut, kita bisa menonton video yang ada di Twitch. Selain itu, kita juga bisa mengupload secara otomatis proses bermain game yang kita lakukan hingga menjadi video, dan langsung tersimpan di Twitch.

Spesifikasi Nvidia Shield Tablet

Spesifikasi Nvidia Shield Tablet

Di balik itu semua, Nvidia Shield Tablet juga tetap merupakan tablet Android biasa yang bisa kita gunakan untuk melakukan aktivitas lain seperti membaca berita dan mengakses jejaring sosial. Namun karena Nvidia membuatnya khusus untuk bermain game, maka Shield Tablet pun mempunyai layar yang cukup besar (8 inchi) dengan resolusi yang tinggi, speaker yang mumpuni, dan sistem pendinginan khusus untuk menjaga prosesor Tegra K1 agar tetap berjalan normal.

Jadi, siap untuk membeli Nvidia Shield Tablet begitu ia sampai di Indonesia? Siapkan uang sebesar 3-4 juta untuk membelinya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>