Nokia X2, Bentuk Lebih Dewasa dari Nokia X

Nokia X2

Ketika Microsoft meluncurkan smartphone Nokia X pada bulan Februari tahun ini, banyak orang yang terhenyak. Mereka kaget karena tiba-tiba Microsoft benar-benar merilis sebuah smartphone berbasis Android, sebuah sistem operasi yang sangat dijauhi oleh mereka. Persaingan bisnis yang begitu ketat dengan Google, yang memegang hak paten Android, membuat mereka jadi sedikit antipati dengan sistem operasi tersebut. Setelah akhirnya Microsoft merilis 3 smartphone berbasis Android secara bersamaan (Nokia X, Nokia, X+ dan Nokia XL), banyak yang mengira kalau Microsoft tidak akan melanjutkan pengembangan smartphone tersebut. Tapi ternyata mereka salah.

Baru-baru ini, Microsoft kembali merilis smartphone berbasis Android, yang mereka beri nama Nokia X2. Masih sama seperti strategi mereka ketika merilis Nokia X, Microsoft tidak benar-benar memanfaatkan sistem operasi Android di dalam smartphone mereka. Tampilan awal masih berbentuk kotak-kotak khas fitur Live Tiles yang dimiliki smartphone berbasis Windows Phone. Nokia X2 juga masih belum bisa menjalankan semua aplikasi Android, kecuali kalau kita melakukan proses rooting, atau menjebol proteksi yang ditanamkan Microsoft di dalam Nokia X2.

Secara umum, spesifikasi Nokia X2 tidak jauh berbeda dengan Nokia X. Ia hanya sedikit lebih dewasa dari pendahulunya tersebut. Apa saja yang membedakan mereka?

Ukuran Layar

Secara dimensi, Nokia X2 memang lebih besar karena layarnya yang berukuran 4,3 inchi, sedangkan Nokia X hanya 4 inchi. Namun perbedaan antara keduanya tidak begitu terasa karena layar Nokia X2 tampak lebih rapat dengan pinggiran smartphone. Bila melihat kekuatan layar, keduanya sama-sama menampilkan gambar dengan ukuran 480 x 800 piksel.

Prosesor

Untuk urusan prosesor, seperti di Nokia X, Microsoft masih setia menggunakan prosesor dual-core produksi Qualcomm. Hanya saja, pada Nokia X2, mereka menambahkan sedikit kekuatan prosesor menjadi 1.2 GHz, lebih baik dari prosesor Nokia X yang hanya bertenaga 1 GHz. Microsoft juga melipatgandakan RAM untuk Nokia X2 menjadi 1 GB.

Kamera

Microsoft memasukkan teknologi terbaru mereka untuk kamera Nokia X2. Smartphone tersebut bisa menangkap gambar dengan lebih baik berkat kekuatan kamera yang bertambah menjadi 5 megapiksel. Kemampuan merekam video di Nokia X2 pun menjadi lebih baik.

Baterai

Mengingat layar yang sedikit lebih besar, Microsoft pun memberikan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar. Bila pada Nokia X, mereka hanya memberikan kapasitas 1500 mAH, maka untuk Nokia X2 mereka memberikan kapasitas 1800 mAH. Baterai di kedua smartphone tersebut terbukti bisa bertahan jauh lebih lama bila dibandingkan dengan Zenfone 4, dan semisalnya.

Spesifikasi Lengkap Nokia X2

Nokia X2 Spec 1Nokia X2 Spec 2

Kesimpulan

Demi bisa menguasai pasar di negara berkembang seperti Indonesia, Microsoft tampak masih mempertahankan fitur-fitur populer seperti Dual Sim Card untuk Nokia X2. Mereka pun menambahkan aplikasi-aplikasi khas Windows Phone seperti Here Maps, Here Drive, dan sebagainya. Kemungkinan Nokia X2 akan hadir di Indonesia dengan harga yang lebih mahal bila dibandingkan dengan Nokia X. Apabila bedanya hanya Rp 100.000 – Rp 200.000, maka Nokia X2 menjadi smartphone yang layak beli, menyaingi Asus Zenfone 4 yang saat ini tengah begitu dinimati, terlepas dari beberapa masalah yang sering terjadi.

Sumber Gambar : cnet.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>