Nokia Siap Luncurkan Perangkat Virtual Reality (VR), Benarkah?

nokia menanti ajal

Baru-baru ini Nokia membuat sebuah pemberitahuan yang menyebutkan kalau mereka akan mengadakan sebuah acara di Los Angeles, Amerika Serikat. Acara tersebut akan diadakan minggu depan. Tidak ada penjelasan lain tentang apa produk yang akan diluncurkan, dan bagaimana bentuknya. Para jurnalis pun dibuat bingung olehnya. Apakah produk tersebut adalah sebuah smartphone? Dapat dipastikan kalau hal ini tidaklah mungkin, karena Nokia masih terikat perjanjian dengan Microsoft untuk tidak meluncurkan smartphone bermerek Nokia.

Barulah hari ini muncul kabar kalau produk yang akan diluncurkan oleh Nokia adalah sebuah perangkat Virtual Reality (VR).

Perangkat Virtual Reality (VR) yang Makin Booming

Berawal dari sebuah proyek yang dibuat oleh Oculus Rift, perangkat Virtual Reality atau VR kini sudah menjadi bola salju yang kian lama kian besar fenomenanya. Bagi pembaca yang belum tahu, VR adalah sebuah perangkat yang berbentuk seperti kacamata, dan bisa menghadirkan semacam dunia lain di hadapan kita. Perangkat tersebut nantinya bisa berguna untuk bermain games, menonton film, dan hal-hal menarik lainnya.

Pengunjung Mencoba Oculus Rift di Indocomtech 2014

Pengunjung Mencoba Oculus Rift di Indocomtech 2014

Sejauh ini memang belum ada perangkat VR yang sudah siap untuk dijual secara massal, namun hampir semua produsen gadget besar telah membuat produk VR.

Berikut adalah beberapa produk VR yang digarap oleh para produsen besar, beserta perkiraan harganya:

  1. Samsung Gear VR (harga £200)
  2. HTC Vive (harga £200)
  3. Razer OSVR (harga di bawah £200)
  4. Sony Morpheus (harga £200 – £300)
  5. Microsoft HoloLens (harga £500)
  6. Google Glass Version Two

Selain itu, ada juga One Plus yang akan membuat siaran langsung pada tanggal 27 Juli nanti melalui media Virtual Reality (VR). Mereka bahkan membagikan perangkat VR berbahan kardus, seperti yang pernah dibuat oleh Google, secara gratis. Semua ini membuktikan kalau dalam waktu dekat, VR akan menjadi The Next Big Thing.

Bagaimana Peluang Nokia di Pasar Perangkat Virtual Reality (VR)?

Pasar perangkat VR masih sangat baru, dan belum ada penguasa yang jelas. Karena itu, Nokia punya kesempatan yang besar untuk menguasai pasar ini, apabila mereka menggarapnya dengan baik. Seiring dengan banyaknya aplikasi khusus VR yang tersedia, perangkat VR pun akan semakin cepat perkembangannya. Bila Nokia memang ingin memulai petualangan di dunia VR, inilah saatnya.

Produk VR dari Nokia ini, apabila benar adanya, akan dibuat oleh Nokia Technologies, yang juga bertanggung jawab dalam pembuatan HERE Maps. Karena itu, aplikasi pertama yang hadir di perangkat VR milik Nokia kemungkinan adalah aplikasi penunjuk arah di jalan.

Benarkah rumor tersebut? Tunggu kabar selanjutnya di website kesayangan anda ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>