Nokia Ozo, Kamera Virtual Reality (VR) yang Paling Canggih Saat Ini

Nokia Ozo 1

Sesuai dengan artikel kami sebelumnya, ternyata benar kalau Nokia tengah mempersiapkan perangkat untuk mendukung teknologi Virtual Reality. Namun ternyata Nokia tidak membuat alat untuk menampilkan Virtual Reality, melainkan membuat kamera yang bisa menangkap gambar untuk ditampilkan di perangkat Virtual Reality, seperti Oculus Rift, HoloLens, dan sebagainya. Hari ini Nokia mungumumkannya, dan mereka memberinya nama Ozo.

Peluncuran perangkat ini seolah menegaskan kalau langkah Microsoft membeli Nokia bukanlah langkah yang sia-sia. Seperti yang kita tahu, Microsoft tampak ‘bodoh’ ketika mereka membeli Nokia yang sedang menghadapi kemunduran, terutama di bisnis utama mereka, perangkat handphone. Namun Microsoft ngotot untuk membeli Nokia dengan dalih memperkuat infrastruktur jaringan, memperbaiki aplikasi peta, hingga ‘teknologi masa depan’ yang sedang dikembangkan Nokia. Dan kini mulai terlihat apa visi dari Nokia di masa depan.

Nokia Ozo, Kamera Bola dengan 8 Sensor dan 8 Mic

Berbeda dengan action kamera yang sedang hits saat ini, seperti GoPro, Xiaomi Yi, dan SJCam, Ozo berbentuk bola dengan kamera di seluruh permukaannya. Ozo mempunyai 8 sensor yang bisa menangkap video sejauh 360 derajat, di sekeliling kita. Ozo juga mempunyai 8 microphone yang sudah terintegrasi di dalamnya. Posisi microphone yang menyebar di seluruh permukaan bola membuat Ozo bisa menghadirkan pengalaman Virtual Reality yang lebih nyata. Ozo bisa membedakan mana suara yang berasal dari belakang, atas, kanan, atau kiri. Secara umum, kamera ini sangat mirip dengan kamera yang digunakan oleh Google untuk menangkap gambar-gambar di Google Street View.

Fungsi yang paling spesial dari Nokia Ozo ini adalah kemampuannya untuk menampilkan hasil rekaman secara real time pada sebuah perangkat VR. Ozo juga bisa menampilkan hasil video yang didapat beberapa menit setelah perekaman, walaupun hanya dalam sebuah video yang beresolusi rendah. Umumnya kamera seperti Ozo butuh waktu yang cukup lama untuk merangkai seluruh gambar yang didapat, untuk menjadi video 3 dimensi, namun Nokia mengklaim kalau mereka hanya butuh beberapa menit untuk melakukan itu. Tentu saja, seorang pengguna bisa menggunakannya lagi untuk menghasilkan video beresolusi tinggi, yang nantinya bisa ditampilkan dengan perangkat VR.

Nokia Ozo

Saat ini perangkat Ozo masih dalam proses penyelesaian akhir sebelum dijual nantinya. Nokia berencana menjadikan Ozo sebagai kamera yang wajib digunakan dalam pembuatan film, iklan, dan video-video dokumenter yang memerlukan pengambilan gambar berkonsep Virtual Reality. Rencananya, Ozo akan diperkenalkan secara resmi dan mulai dijual pada akhir tahun ini. Sayangnya, Nokia Ozo ini sepertinya tidak dijual untuk masyarakat luas, karena harganya diperkirakan bisa mencapai Ratusan Juta Rupiah. Nokia harus bergerak cepat untuk urusan Nokia Ozo ini, karena kalau kalah cepat Nokia bisa kembali kalah oleh GoPro dan Samsung yang juga tengah menyasar pasar ini.

Sabar saja wahai para pembaca, teknologi Virtual Reality (VR) kini kian maju saja, hanya tinggal menunggu waktu bagi kita untuk segera menikmatinya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>