Node-Webkit: Mewujudkan Aplikasi Desktop dengan HTML, CSS, dan JS

Node Webkit Logo

Saat saya mengenal cara mengembangkan web melalui teknologi HTML, CSS, dan JavaScript, sering terpikirkan apakah dengan teknologi tersebut mampu menciptakan sebuah software di atas desktop? Selama ini yang saya ketahui, deployment pengembangan website beserta fungsinya mayoritas masih terpaku pada website itu sendiri, aplikasi berbasis website, dan aplikasi mobile berbasis website. Namun, sebagai web developer, pasti anda juga sempat terpikirkan untuk membuat sebuah aplikasi native untuk komputer/desktop dengan skill yang anda miliki saat ini bukan?

Hal yang membedakan antara pengembangan software pada desktop dan web apps adalah kemampuan pengembang aplikasi desktop yang membutuhkan pengetahuan yang luas dari berbagai bahasa pemrograman, seperti C++, Python, algoritma dasar, local files – yang kebanyakan dari bahasa pemrograman tersebut sukar untuk dipahami. Sedangkan seorang web developer memiliki pengetahuan untuk membuat website/aplikasi di dalam browser yang cara kerjanya sama sekali berbeda apabila ingin membuat aplikasi native di desktop.

Saat ini sudah banyak aplikasi berbasiskan website yang dapat diakses dari berbagai platform (cross-platform), namun tidak untuk aplikasi desktop. Ketika mendeploy sebuah aplikasi yang telah diciptakan, developer aplikasi akan terbentur dengan masalah platform, yang satu-satunya solusi adalah menguasai struktur algoritma dari platform sistem operasi yang ingin dijalankan pada aplikasi yang dibuatnya tersebut agar berjalan dengan baik (Windows/Linux/Mac).

Kini sebuah solusi untuk masalah di atas dapat terjawab oleh sebuah produk yang dikembangkan Intel Open Technology Center yang bersifat open-source yang bernama Node-Webkit. Node-Webkit adalah sebuah proyek open source yang menggabungkan NodeJS dan engine penjelajah Webkit (atau Chromium Embedded Framework) untuk pembangunan aplikasi di atas desktop. Sekarang dengan proyek dari Intel ini, web developer tidak perlu khawatir jika ingin mengembangkan idenya di atas aplikasi desktop berbasis Windows, Linux, maupun Mac sekaligus.
Node-Webkit telah banyak digunakan oleh berbagai proyek open source dan komersil, seperti:

  • ACE Editor, sebuah editor untuk kod oleh Cloud9.io
  • Candy Reader, aplikasi untuk membuka file PDF
  • Lizard Wizard, aplikasi games untuk Windows, Mac dan Linux

Mengapa Node.JS?

Mungkin bagi anda sebagai developer aplikasi desktop mengetahui Ruby, Python, dan bahasa pemrograman untuk desktop apps lainnya yang menawarkan kemampuan fungsinya untuk berjalan dengan baik ketika menjalankannya di berbagai platform sistem operasi. Namun Node.JS menawarkan kita sesuatu yang belum ada pada platform bahasa pemrograman tersebut, yaitu Javascript.

Bahan Belajar Node-Webkit

Bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mencoba, apalagi mengembangkan aplikasi melalui Node-Webkit, di bawah ini adalah beberapa sumber/bahan untuk mempelajarinya lebih lengkap. Selamat berkarya!

https://github.com/rogerwang/node-webkit

Introduction to node-webkit (slides)
Creating Desktop Applications With node-webkit
WebApp to DesktopApp with node-webkit (slides)

Nafi Putrawan

Has great passion in the graphic design field and loves to share anything about technopreneur, data literacy, digital record (archiving), or things referring to libraries. Currently innovating and developing HXC+ with my small team. A student of Management of Information Document, UI. Enjoys freshly juiced fruits.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>