Nexus 5X – Jagoan Baru dari Google Untuk Kelas Menengah

Nexus 5X

Seri Nexus dari Google yang bekerja sama dengan pabrikan smartphone lain kembali muncul. Jika biasanya setiap tahun seri smartphone Nexus baru yang berkeliaran hanya satu, kali ini Google menggandeng LG dan Huawei meluncurkan sekaligus dua smartphone Nexus; LG Nexus 5x dan Huawei Nexus 6P. Kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai Nexus 5X. Lanjut!

Penamaan seri baru Nexus ini memang sedikit membingungkan. Setelah tahun lalu menggandeng Motorola dengan Nexus 6, Google seolah bingung menamakan seri Nexus selanjutnya. Terlebih nama Nexus 7 yang sudah digunakan oleh tablet Nexus pertama. Rasanya kali ini, dan mungkin ke depan, Google akan menamakan Nexus sesuai besar layar. Nexus 5X dari LG akan berlayar 5,2 inci sedangkan Nexus 6P dari Huawei berlayar 6 inci kurang 0,3 (maksa yes?).

Nexus 5X

Nexus 5X

Nexus 5X garapan LG kali ini bisa disebut Nexus kelas menengah (mid-range). Terlihat dari prosesor yang digunakan yang bukan merupakan kelas flagship dengan Qualcomm Snapdragon 808 serta besar RAM yang cuma 2 GB. Meski demikian harga dari 5X ini tidak bisa dibilang murah. Dengan banderol $379 untuk kapasitas memori 16 GB dan $429 untuk 32 GB. Jika berbicara tentang spesifikasi dan harga, tentunya masih banyak perangkat lain yang menyediakan spesifikasi yang lebih wah dan/atau harga yang lebih rendah, sebut saja Xiaomi Mi4C (Snapdragon 808, RAM 2 GB, $205) dan OnePlus 2 (Snapdragon 810, RAM 3 GB, $329).

Spesifikasi

Nexus 5X memiliki dimensi yang cukup baik dengan 147 x 72,6 x 7,9 mm dan berbobot 136 grams. Layar 5,2 inci yang dilindungi oleh Corning® Gorilla® Glass 3. Serupa dengan seri Nexus 5 yang juga dibesut LG, 5X memiliki tubuh berbalut plastik polikarbonat dilengkapi baterai 2700 mAh serta USB Type-C yang mampu mengisi daya baterai lebih cepat.

Di sektor kamera, 5X yang dimotori oleh Qualcomm Snapdragon 808 dengan 1.8 GHz hexa-core 64-bit dan Adreno 418 GPU ini dilengkapi oleh kamera belakang 12,3 MP; 1.55 μm; f/2.0 dan kamera depan 5 MP.

Urusan sistem operasi, Nexus 5X akan langsung menggunakan Andoid terbaru; Marshmallow 6.0.

Berikut penampakan detilnya dalam video promo LG Nexus 5X

Nexus 5X yang tersedia dalam warna Sports White, Carbon Black dan Ice Blue ini masih dalam tahap pre-order. Tentu saja Indonesia masih belum kebagian jatah. Mengingat Motorola Nexus 6 yang belum lama menyambangi pasar Indonesia, rasanya Nexus 5X besutan LG ini paling cepat merambah pasar Indonesia di pertengahan 2016 mendatang. Tertarik?

 

 

 

kredit gambar: https://www.google.co.id/nexus/5x/

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>