New York Kian Kaya Akan Startup

Bukan tanpa alasan kalau Google dan Facebook membuka kantor di suatu kota dan terus mengembangkan bisnis di sana. Itulah yang terbaca ketika mereka melakukannya di New York, kota yang tengah membangun sebuah kampus teknik yang besar, kota yang dipenuhi startup, lengkap dengan para pemilik modal yang tak ragu untuk mengeluarkan dana segar. Shutterstock, Tumblr, Etsy, Kickstarter, dan AppNexus adalah beberapa contoh nama startup terkenal yang muncul dari New York. Selain mereka, masih banyak lagi startup yang sudah berhasil mencetak keuntungan maupun yang masih berkembang (dalam bahasa lain disebut dalam tahap inkubasi). Dan resmilah New York kian kaya, akan Startup.

New York Startup 1

Grafik di atas menunjukkan kalau dalam 10 tahun terakhir, New York mengalami pertumbuhan yang besar dalam hal pendanaan startup (13,3%). Dan angka tersebut adalah yang terbesar di Amerika Serikat. Adapun jumlah pendanaan sebesar 2,6 Milyar Dollar yang diberikan pada startup-startup New York pada tahun 2013, merupakan yang terbesar kedua di Amerika, setelah Silicon Valley (9,1 Milyar Dollar).

Pertumbuhan startup yang begitu menakjubkan di New York tidak ada artinya kalau startup-startup itu hanya bisa menjadi startup kelas bawah dengan masa depan yang tidak begitu menjanjikan. Namun data lagi-lagi menunjukkan kalau kekhawatiran itu tidaklah beralasan. Nyatanya New York lagi-lagi mengungguli Silicon Valley dalam hal pertumbuhan startup (yang bisa dibilang) besar.

New York Startup 2

Sejak tahun 2001, terhitung sudah ada 27 startup di New York yang berhasil menembus jumlah pendanaan 500 Juta Dollar, sebuah angka yang cukup besar, dan tidak mungkin diberikan kepada startup yang tidak menjanjikan.

Pertanyaannya, bagaimana New York bisa berubah menjadi kota yang begitu baik untuk pertumbuhan startup?

Sebelum kehancuran besar akibat peristiwa 11 September 2001, sebenarnya New York sudah banyak mempunyai startup, walau tidak ada yang begitu besar. Perubahan dimulai ketika biaya untuk akses internet dan ruang penyimpanan data di kota New York mengalami penurunan drastis. Hal itu otomatis membuat pembuatan dan publikasi startup menjadi lebih mudah. Adapun untuk soal sumber daya manusia, New York memang belum mempunyai Universitas teknik yang mumpuni pada waktu itu, tapi lingkungan yang begitu nyaman untuk pembangunan layanan internet membuat para entrepreneur muda berbakat berbondong-bondong hijrah ke kota pusat ekonomi ini. Sejak saat itulah New York mengalami ledakan yang dahsyat dalam hal inovasi teknologi.

Hebatnya lagi, startup-startup yang bermunculan tidak hanya hadir dari satu atau dua bisnis tertentu. Tumblr, Fancy, dan Foursquare hadir sebagai jejaring sosial untuk masyarakat umum, sedangkan Codecademy sedikit terfokus untuk yang ingin belajar programming saja. Dari bisnis Media pun hadir Huffington Post, Business Insider, Mashable, dan Buzzfeed. Untuk bisnis Crowdfunding muncul Kickstarter. Selain itu, ada juga startup yang mencoba bisnis 3D printing seperti Makerbot, dan Shapeways. Semakin banyak startup bagus yang bermunculan, maka diharapkan akan terjadi efek bola salju yang sangat menjanjikan di New York.

Walau begitu, masih ada banyak hambatan yang harus diatasi oleh New York. Tidak adanya universitas teknik yang bisa memproduksi programmer dan inovator handal mungkin sudah akan diatasi dengan kehadiran Universitas Cornell Technion. Namun biaya hidup yang begitu tinggi di New York tetap menjadi masalah, dan mereka harus memikirkan jalan keluarnya.

Bila semua hambatan itu bisa diatasi, New York bisa menjadi Silicon Valley di pantai timur Amerika. Mungkin perlu waktu bertahun-tahun, tapi New York bisa membuktikan kalau itu bukanlah hal yang mustahil.

Sumber Gambar : techcrunch.com

 

 

 

 

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>