MYO – Finally The Forces Be With Us!

Di akhir film Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back garapan Goerge Lucas, Luke Skywalker mengucapkan sebuah kalimat yang saat ini telah menjadi ikon dan simbol dalam budaya pop; “May the force be with you”. The Force yang dimaksud adalah sebuah kekuatan atau gaya metafisika yang terdapat di dalam jagat raya Star Wars. Lalu apa hubungannya hal tersebut dengan post ini? Lalu apa itu MYO?

Sebenernya sih ga ada. Hanya saja, karena melihat video demo si MYO ini, (ada dibawah) dimana seolah-olah si pengguna MYO mempunya kekuatan telekinetis, atau layaknya The Force dalam Star Wars, yang mana dikarenakan tren di internet yang akhir-akhir ini muncul yang disebut “Vadering”.

 

Bisa dilihat pada foto disamping seolah-olah si Darth Vader ini melakukan aksi pencekikan dengan menggunakan The Force (hence, Vadering). Memang sejauh ini post ini belum masuk akal, oleh karena itu mari kita bahas MYO yang merupakan inti dari bahasan pada post kali ini.

MYO adalah sebuah produk yang cukup radikal yang ditelurkan oleh Thalmic Labs, sebuah perusahaan start-up berbasis di Amerika Utara, tepatnya di Waterloo, yang didirikan tahun lalu. Pada dasarnya, MYO adalah sebuah teknologi gesture control, atau kendali berbasis gerakan. Tentunya kendali yang dimaksud adalah kendali jarak jauh.

Lho bukannya teknologi seperti ini sudah jamak digunakan pada perangkat wii dan kinect? Benul (benar dan betul) sekali. Perbedaan yang cukup radikal adalah bagaimana sistem mengidentifikasi gerakan. Apabila wiimote, kinect dan gadget sejenis menggunakan sensor optik (kamera misalnya) sebagai penerima atau pembaca (input) gerakan, MYO membaca aktivitas elektrik yang terjadi dalam otot lengan pemakai.

“With a wave of your hand, MYO will transform how you interact with your digital world. The MYO armband lets you use the electrical activity in your muscles to wirelessly control your computer, phone, and other favorite digital technologies.”

Beberapa contoh utilisasi armband MYO ini dapat dengan jelas kita lihat dalam video berikut:

maaf sedang ada gangguan, untuk sementara paste link ini setelah youtubedotcom

Mengagumkan bukan (dan dua paragraf di awal post ini sekarang menjadi sedikit lebih nyambung). Yang lebih mengagumkan lagi, gadget ini sudah bisa dipesan (masih tahap preorder) disini seharga $149, dan akan mulai dikirim di tahun 2014.

Lebih lanjut, MYO memanfaatkan medium bluetooth untuk menjalankan tugasnya sebagai pengendali jarak jauh. Saat ini menurut klaim  Thalmic Labs saat ini MYO dapat digunakan pada perangkat berbasis Windows dan Mac, serta akan disediakan API untuk platform Android dan iOS (bisa dibayangkan app-app apasaja yang akan lahir dengan teknologi ini).

Jika memang pada tahun 2014 gadget ini dapat dinikmati secara massal, sangat mungkin kita akan melihat adanya perubahan tren yang mungkin cukup radikal pada industri aplikasi mobile serta console game.

psst, thalmic, siap-siap Microsoft mungkin bakal pedekate, saran kami, segeralah dipatenkan…. jika belum.

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>