Motorola Nexus 6, Cara Google Merusak (Kembali) Harga Smartphone

Motorola Nexus 6

Bersamaan dengan rilis Android 5.0 atau yang dikenal dengan nama Lollipop, Google juga mengumumkan kerja sama mereka dengan Motorola untuk membuat smartphone seri Nexus terbaru, yaitu Nexus 6. Motorola Nexus 6 ini menjadi smartphone terbesar di kelasnya, karena mempunyai ukuran layar yang mencapai 6 inchi, bahkan lebih besar daripada Apple iPhone 6 Plus dan Samsung Galaxy Note 4.

Sebagai smartphone pertama yang diutus untuk menunjukkan kehebatan Android Lollipop, Motorola Nexus 6 pun dipersenjatai dengan spesifikasi smartphone kelas atas. Hampir seluruh ‘jeroan’nya dibuat lebih baik daripada smartphone-smartphone lain. Dengan begitu, diharapkan para penggunanya bisa puas menikmati desain baru Android yang dikenal dengan nama Material Design.

Motorola Nexus 6 1

Sebelumnya, sempat muncul kekhawatiran apakah Google akan menghentikan dukungan mereka terhadap Nexus 4 dan Nexus 5 setelah peluncuran Nexus 6 ini. Namun Google memastikan kalau hal itu tidak akan terjadi, malah mereka akan memberikan update Lollipop untuk kedua smartphone Nexus terdahulu tersebut. Nexus sendiri merupakan seri smartphone dan tablet yang merupakan kerjasama antara Google dengan beberapa produsen. Smartphone dan Tablet seri Nexus ini adalah yang paling mendapat dukungan dari Google dan yang paling cepat mendapat update Android terbaru.

Spesifikasi Lengkap Motorola Nexus 6

Prosesor Quad Core, Qualcomm Snapdragon 805 2,7 GHz
RAM 3 GB
Memori Internal 32 / 64 GB
Ukuran 6 inchi (Quad HD – 1440 x 2560 piksel)
Sistem Operasi Android 5.0 (Lollipop)
Kamera 13 megapiksel (kamera utama) + 2 megapiksel (kamera depan)
Baterai 3220 mAh
Harga Rp 7.500.000

Karena dikeluarkan oleh produsen yang sama, dengan waktu rilis yang hanya berbeda sekitar 1 bulan, maka Motorola Nexus 6 ini punya banyak kemiripan dengan smartphone Motorola sebelumnya, Moto X, terutama dari bentuk fisiknya. Kamera yang digunakan keduanya pun sama. Perbedaan keduanya hanya dari sisi ukuran, di mana Nexus 6 jauh lebih besar daripada Moto X karena mempunyai ukuran layar 6 inchi.

Motorola Nexus 6 2

Adapun dari segi ‘daleman’, Nexus 6 jelas mengalahkan pendahulunya tersebut. Prosesor yang ia gunakan, yaitu Snapdragon 805, berada 1 tingkat di atas Snapdragon 801 yang digunakan Moto X. Nexus 6 juga diperkuat dengan RAM dan memori internal yang lebih besar. Bila ditambah dengan kapasitas baterai yang juga jauh di atas Moto X, maka pantaslah kalau Nexus 6 ini dihargai lebih mahal, yaitu sekitar Rp 7.500.000. Sebagai informasi, Moto X diperkirakan hanya akan dijual di kisaran harga Rp 3.500.000 bila nanti dijual di Indonesia.

Tingginya harga untuk Motorola Nexus 6 ini bahkan sampai dicibir oleh para penggemar Android di forum Reddit. Seperti yang kita tahu, Google selama ini dikenal sebagai perusak harga smartphone, karena hampir selalu menjual smartphone dengan harga yang begitu murah. Sepertinya kali ini Google ingin kembali merusak pasar harga smartphone Android di dunia, namun dengan cara menjual smartphone dengan harga yang terlalu mahal.

Bagaimana dengan anda sendiri? Tertarikkah untuk membeli Motorola Nexus 6 dengan harga semahal itu? Mari kita lihat dulu video promo dari Motorola Nexus 6 ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>