Motorola Kini Jadi Milik Lenovo

Motorola LenovoGoogle tampak begitu aktif di pasar ‘tukar-guling’ perusahaan di awal tahun ini. Setelah sebelumnya membeli beberapa startup seperti Nest dan DeepMind, kini Google berbalik menjual. Tak tanggung-tanggung, yang dijual kali ini adalah divisi Motorola Mobility, yang dijual ke Lenovo seharga 2.91 Milyar Dollar.

Penjualan ini dirasa perlu oleh Google, karena divisi Motorola yang terus merugi. Malah dalam 3 bulan terakhir, kerugian mereka mencapai 248 Juta Dollar. Itu juga yang menjadi penyebab mengapa sebelumnya mereka menjual divisi cable box Motorola seharga 2.4 Milyar Dollar.

Gayung bersambut ketika mereka bertemu Lenovo yang sedang mengembangkan pasar device mobile. Sebelumnya, selain Motorola, Lenovo dikabarkan juga mengincar Blackberry untuk memperbesar perusahaan mereka. Sayang, tawaran mereka untuk Blackberry ditolak mentah-mentah oleh pemerintah Kanada yang menganggap kalau Blackberry adalah aset penting untuk telekomunikasi pemerintah, sehingga tidak boleh dijual ke perusahaan asing.

Sebelumnya Lenovo benar-benar menguasai pasar PC untuk Enterprise. Walau terus mendapat persaingan dari HP dan Dell, namun Lenovo tetap berjaya di pasar tersebut. Dengan pembelian Motorola ini, mereka berharap kesuksesan tersebut juga bisa menular ke bisnis perangkat mobile mereka. CEO mereka, Yang Yuanqing, mengatakan kalau pembelian ini bisa membantu mereka untuk menembus pasar perangkat mobile di Amerika Serikat, dan selanjutnya di seluruh dunia.

Dengan pembelian ini, Lenovo berhak mendapatkan 2000 paten, beserta hak untuk menggunakan merek Motorola di kemudian hari. Sementara Google, yang membeli Motorola seharga 12.5 Milyar Dollar pada tahun 2011, tetap menyimpan sebagian besar paten Motorola yang lain.

Apakah Lenovo bisa membuat Motorola (kembali) menghasilkan keuntungan? Kita lihat saja.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>