Moto G2, Penerus Perjuangan Moto G Untuk Merusak Harga Smartphone

Moto G

Smartphone dengan spesifikasi yang hebat tapi harganya murah, merupakan impian setiap konsumen smartphone. Google sadar akan hal itu, hingga akhirnya mereka membuat sebuah smartphone berspesifikasi tinggi di bawah bendera Motorola, dan menjualnya dengan harga yang terjangkau. Smartphone yang diberi nama Moto G itu pun langsung merusak pasar harga smartphone dunia.

Apa Sih Kehebatan Moto G?

Seperti yang pernah kami bahas pada artikel sebelumnya, dengan hanya bermodal prosesor Quad Core Snapdragon 400 buatan Qualcomm, Moto G berhasil bersaing dengan smartphone-smartphone mahal dalam soal skor Antutu Benchmark. Bila ditambah dengan layar yang super tajam, dan dukungan penuh dari Google yang akan memprioritaskannya setiap kali ada update Android terbaru, jadilah Moto G menjadi primadona. Hal itu menjadikan mereka sebagai salah satu dari smartphone 2 jutaan yang paling diminati. Untuk membelinya di Indonesia, kita harus membelinya secara online di Lazada, yang merupakan penjual resmi Moto G di Indonesia.

Sayang, kedatangan mereka yang sedikit terlambat ke Indonesia, menjadikan mereka kalah pamor dari Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Redmi 1S yang bisa memberikan spesifikasi yang lebih baik, dengan harga relatif sama. Survey yang pernah kami lakukan membuktikan hal itu, Moto G hanya menjadi smartphone nomor 3 yang paling diminati, di antara smartphone-smartphone 2 jutaan lainnya.

Beberapa hari lagi, bersamaan dengan event IFA 2014 yang sedang berlangsung di Berlin, Motorola seolah ingin membuat acara tandingan dengan mengadakan peluncuran beberapa device baru mereka. Bertempat di kantor mereka yang berada di California, Amerika Serikat, acara tersebut rencananya akan diadakan pada tanggal 4 September 2014. Di antara produk-produk yang akan diluncurkan di sana, ada juga pengembangan dari Moto G, yang dikabarkan akan bernama Moto G2. Kira-kira, apakah Moto G2 ini juga akan ‘merusak harga’ seperti pendahulunya?

Spesifikasi Lengkap Moto G2

Moto G Moto G2 (Belum Resmi)
Prosesor Quad Core, Qualcomm Snapdragon 400 1,2 GHz Quad Core, Qualcomm Snapdragon 400 1,2 GHz
RAM 1 GB 1 GB
Memori Internal 16 GB 16 GB
Ukuran 4,5 inchi 5 inchi
Kamera 5 megapiksel (kamera utama) + 1,3 megapiksel (kamera depan) 8 megapiksel (kamera utama) + 1,3 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android 4.4.2 (KitKat) Android 4.4.2 (KitKat)
Baterai 2070 mAh 2070 mAh

Perbedaan antara Moto G dengan Moto G2 sangatlah sedikit, praktis hanya ukuran layar dan resolusi kamera saja yang berubah. Bila Moto G hanya memiliki ukuran layar 4,5 inchi, maka pada Moto G2 ukuran tersebut dinaikkan menjadi 5 inchi. Kamera utama Moto G juga mengalami perbaikan di Moto G2, dari 5 megapiksel menjadi 8 megapiksel. Adapun spesifikasi lain seperti Prosesor, RAM, Memori Internal, dan sistem operasi yang digunakan, dikabarkan tak akan mengalami perubahan.

Kalau memang benar begitu, untuk apa kita membeli Moto G2, yang pastinya akan dijual dengan harga yang lebih mahal? Semoga saja Moto G2 yang akan diluncurkan pada tanggal 4 September 2014 nanti bisa memenuhi harapan-harapan pengguna dan memberikan perubahan-perubahan signifikan seperti upgrade prosesor, dan implementasi Android versi terbaru, Android L. Semoga saja :)

Update : Di bawah ini merupakan foto yang dikabarkan merupakan foto kemasan Moto G2, diambil dari gudang situs jual beli Flipkart di India. Mengapa nama produk di kemasannya hanya “Moto G” dan bukan “Moto G2″? Mungkin memang hal tersebut untuk menunjukkan kalau produk tersebut masih merupakan keluarga dari Moto G. Lebih lengkap tentang hal tersebut akan kami kabarkan di tanggal 4 September nanti.

Moto G2

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>