Mito A18 dan Mito A330, Kakak Beradik Smartphone Khusus Selfie

Mito Fantasy Selfie 2

Apa alasan anda ketika membeli smartphone? Karena harganya murah? Karena spesifikasinya bagus? Itu mungkin alasan anda. Namun ternyata, banyak calon pembeli smartphone yang menyandarkan pilihannya pada bagus atau tidaknya smartphone tersebut ketika dipakai ‘Selfie’, alias mengambil foto sendiri. Mengetahui hal itu, banyak produsen smartphone dunia yang memproduksi smartphone khusus untuk ‘Selfie’.

Trik Produsen Dalam Membuat Smartphone Khusus Selfie

Untuk mendapatkan foto yang bagus dan tidak meleset, para penggemar selfie hampir selalu menggunakan kamera depan, yang sebenarnya merupakan kamera tambahan selain kamera utama yang biasanya ada di posisi belakang smartphone. Karena itu, cara yang biasa digunakan produsen ketika membuat smartphone selfie, adalah dengan meningkatkan kemampuan kamera depan. Sony contohnya, mereka mencoba menarik perhatian para penggemar selfie dengan kamera depan 5 megapiksel, yang mereka pasang pada smartphone Sony Xperia C3. Hal ini pun diikuti oleh Oppo Find 7, Xiaomi Redmi Note, dan Nokia Lumia 730. HTC bahkan dikabarkan tengah menyiapkan smartphone selfie dengan kamera depan berkekuatan 13 megapiksel.

Cara kedua yang lazim digunakan pada sebuah smartphone selfie adalah dengan membuat kamera belakang yang bisa diputar ke depan. Smartphone yang menggunakan teknologi seperti ini adalah Oppo N1 dan Gionee Elife E7 Mini (di Indonesia dikenal dengan nama Himax Pure III). Selain itu, ada juga yang membuat fitur khusus pada kamera depan, sehingga bisa menghasilkan foto layaknya hasil editing dengan aplikasi-aplikasi photo editing. Anda bisa menemukan hal ini di salah satu smartphone produksi Oppo yang bernama Oppo Yoyo.

Spesifikasi Lengkap Mito A18 dan Mito A330

Seperti tak mau ketinggalan dengan tren Selfie, Mito, sebuah produsen smartphone lokal di Indonesia pun ikut meluncurkan smartphone khusus Selfie. Baru-baru ini mereka meluncurkan seri smartphone Fantasy Selfie 2 yang terdiri atas 2 buah smartphone, Mito A18 dan Mito A330. Kedua smartphone ini merupakan penerus dari seri Fantasy Selfie generasi awal yang diberi nama Mito A77.

Mito A330

Mito A330

Mito A18 dan Mito A330 masih meneruskan perjuangan Mito A77 yang berusaha menarik perhatian para penggemar berfoto selfie dengan menggunakan teknologi kamera putar, seperti yang telah saya jelaskan di atas. Bedanya, kali ini mereka menggunakan prosesor yang lebih baik (Quad Core) dan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android 4.4 atau KitKat.

Mito A18

Mito A18

Perbedaan di antara Mito A18 dan Mito A330 sendiri hanya ada pada jenis prosesor, ukuran layar, besar memori internal dan kapasitas baterai. Di semua perbedaan tersebut, Mito A18 sedikit lebih baik daripada sang adik, Mito A330. Dengan perbedaan tersebut, Mito A330 pun dijual dengan harga yang lebih murah (Rp 900.000) bila dibandingkan dengan sang kakak yang dijual dengan harga Rp 1.400.000.

Mito A18 Mito A330
Prosesor Quad Core Cortex A7 1,3 Ghz Dual Core Cortex A7 1,3 Ghz
RAM 1 GB 1 GB
Memori Internal 8 GB 4 GB
Ukuran Layar 4,7 inchi 4 inchi
Kamera 12 megapiksel (kamera putar) 8 megapiksel (kamera putar)
Sistem Operasi Android 4.4 (KitKat) Android 4.4 (KitKat)
Baterai 1.700 mAh 1.500 mAh
Harga Rp 1.400.000 Rp 900.000

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>