Microsoft 10 Dalam Xiaomi Mi4?

Hari ini bisa jadi hari bersejarah bagi fans Microsoft dan Xiaomi. Pasalnya hari ini Microsoft mengumumkan akan mengeluarkan versi Windows 10 pada perangkat mobile di musim panas ini dengan bekerja sama dengan raksasa internet Cina, Xiaomi. 

Kerja sama antara Microsoft dan Xiaomi ini tidak dijelaskan secara formal antara kedua organisasi tersebut, namun Microsoft menyebutkan akan menggunakan Mi4 sebagai perangkat yang akan diuji cobakan sistem operasi Windows 10. Tentunya yang versi mobile. Ini artinya besar kemungkinan pada beberapa bulan ke depan para pengguna Xiaomi Mi4 akan dapat mencoba sistem operasi Windows 10 pada perangkat kesayangannya.

Ofisial Xiaomi sendiri, dikutip dari techcrunch, mengatakan bahwa eksperimen ini dipimpin sepenuhnya oleh Microsoft. Selain dari pernyataan tersebut kedua kubu terkait tampak masih bungkam mengenai partnership yang sepertinya akan disambut baik oleh fans kedua brand.

Ubuntu Touch

Ubuntu Lebih Dulu – Dengan Meizu MX4

Mundur sedikit beberapa pekan ke belakang mungkin kita pernah mendengar salah satu jagoan sistem operasi open source, yakni Ubuntu, yang bekerja sama dengan Meizu untuk mengeluarkan sistem operasi Ubuntu versi mobile (dinamakan Ubuntu Touch) pada perangkat Meizu MX4. Boleh jadi langkah Canonical (perusahaan dibalik Ubuntu) dan Meizu tersebut ‘menginspirasi’ Microsoft untuk melakukan hal serupa dengan Xiaomi Mi4.ZTE Nubia Z9

Namun langkah Microsoft kali ini rupanya tidak tanggung-tanggung. Selain Xiaomi, rupanya raksasa Silicon Valley ini juga akan menggandeng raksasa Cina lainnya; ZTE. Dengan varian Nubia terbarunya yang dinamakan Nubia Z9, Microsoft 10 tampak terlihat menghinggapi gadget ini. Bahkan penampakan secara langsung sudah dapat dilihat.

Nubia Z9

 

 

Kerjasama-kerjasama semacam ini tentu akan menarik bagi pemerhati dan penikmat gadget. Akan semakin banyak pilihan yang tersedia. Terlebih lagi ketika Windows 10 menjanjikan banyak fitur yang menarik. Selain itu ekosistem yang saling terintegrasi antar bentuk perangkat (mobile, tablet, laptop, komputer desktop, dan seterusnya) pasti akan memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya.

Oh iya, buat yang penasaran dengan aksi Ubuntu di Meizu MX4 bisa simak videonya di bawah ini.

 

 

sumber: techcrunch

gambar Nubia via: gizchina

gambar Meizu MX4: gsmarena

 

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>