MeTunes, Startup Indonesia Yang Dibeli Perusahaan Game Singapura

MeTunes Logo

Pernahkah anda mendengar MeTunes? MeTunes adalah sebuah toko musik online seperti iTunes yang dibuat oleh Maxitech Indonesia, sebuah startup lokal yang berdiri sejak 3 tahun lalu. Berbeda dengan iTunes yang mengharuskan kita menggunakan kartu kredit bila ingin membeli lagu, dengan MeTunes kita bisa membeli lagu menggunakan pulsa telepon. Hal itu bisa dilakukan karena MeTunes telah terintegrasi dengan semua penyedia jaringan GSM di Indonesia seperti, Telkomsel, XL, Indosat, dan lain-lain. Hal lain yang menarik dari MeTunes adalah kemampuannya bekerja di handphone-handphone kelas bawah (feature phone) dengan kemampuan akses internet yang terbatas.

Maxitech juga bekerja sama dengan para produsen smartphone untuk memasukkan aplikasi-aplikasi mereka ke smartphone yang akan dijual. Saat ini, telah ada 50 juta device yang telah terpasang aplikasi-aplikasi Maxitech di dalamnya. Hasilnya, 3.9 juta pengguna berhasil ‘direkrut’ menjadi pengguna mereka, dan 700 ribu di antaranya bahkan telah berbelanja dengan aplikasi mereka.

Saat ini Maxitech sedang mengembangkan sebuah aplikasi baru yang bernama Neti Wallet. Neti Wallet adalah semacam dompet elektronik yang bisa digunakan untuk membayar apapun, mulai dari tagihan telepon dan listrik hingga membayar makanan di restoran. Lalu bagaimana cara mengisi dompet elektronik tersebut? Cukup dengan pulsa telepon anda, atau dengan voucher khusus dari Maxitech. Neti Wallet saat ini masih dalam tahap percobaan, dan 2 produsen smartphone telah setuju untuk memasukkannya di device mereka.

Perkembangan Maxitech yang begitu pesat ini ternyata mengundang perhatian dari sebuah perusahaan penyedia layanan game di Singapura, bernama Corous360. Mereka pun mendekati Maxitech, hingga akhirnya berhasil membeli yang hanya mempunyai 18 karyawan tersebut dengan harga 3.35 Juta Dollar. Rencananya Corous360 akan meminta bantuan Maxitech untuk membuatkan fitur pembayaran pada game-game mereka. Mungkin nantinya tidak akan jauh berbeda dengan MeTunes dan Neti Wallet di mana kita bisa membayar tagihan dengan pulsa telepon. Di sisi lain, Maxitech juga bisa menggunakan jaringan yang dimiliki Corous360 untuk melebarkan sayap bisnis ke negara-negara tetangga seperti Singapura, Filipina, dan Thailand.

Dengan ‘hanya’ memaksimalkan fungsi pulsa handphone, Maxitech membuktikan kalau mereka bisa dikenal di luar Indonesia. Jadi, bila anda ingin membuat startup, mulailah dari memaksimalkan hal-hal sederhana yang ada di sekitar anda, seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>