Menjelang Peluncuran Android L, Google Ajarkan Programming Android Secara Gratis

Developing Android Apps

Sesuai dengan pengumuman yang dibuat oleh Sundar Pichai, Wakil Presiden Senior untuk Pengembangan Android dan Chrome di Google, saat gelaran Google I/O kemarin, Android versi terbaru (Android L) akan diluncurkan untuk para konsumen sekitar bulan Oktober tahun ini. Beberapa smartphone seperti Moto X dan Moto G dikabarkan telah siap menerima Android versi terbaru ini.

Namun, ada sedikit masalah yang muncul setelah event Google I/O di bulan Juni kemarin. Android L nantinya akan dilengkapi dengan konsep Material Design, sebuah tampilan yang lebih memanjakan pengguna, tapi juga sedikit lebih sulit untuk dibuat. Sebagai konsumen, kita akan selalu siap menerima perubahan. Tapi bagaimana dengan para programmer? Apakah mereka sudah siap untuk membuat aplikasi dengan konsep yang berbeda untuk melengkapi Android L tersebut?

Membuat Aplikasi Android : Dasar-Dasar Android

Seperti sadar akan hal itu, baru-baru ini Google bekerja sama dengan Udacity, sebuah website E-Learning, untuk menyajikan kursus online programming Android secara GRATIS. Kursus tersebut berjudul “Developing Android Apps: Android Fundamentals” (Membuat Aplikasi Android : Dasar-Dasar Android). Melihat judulnya saja, kita pasti bisa tahu kalau kursus ini adalah awal dari kursus-kursus Android berikutnya yang akan disediakan Google. Sebelumnya, mereka telah membuat beberapa kursus lain di Udacity seperti “Desain UX (User eXperience) untuk Mobile Developers” dan “Mobile Web Development”.

Apa Yang Akan Ada di Kursus Tersebut

Seperti kursus-kursus lain di Udacity, kursus terbaru dari Google ini akan berisi video tutorial lengkap dengan buku panduan, ujian, dan forum terbuka untuk seluruh peserta. 3 programmer handal dari Google telah ditunjuk untuk menjadi tutor dalam kursus ini, mereka adalah Reto Meier, Dan Galpin, dan Katherine Kuan.

Menyongsong masa depan yang akan dipenuhi dengan Internet of Things (semua barang seperti kulkas, TV, dan kompor dilengkapi dengan internet agar bisa diatur lewat perangkat elektronik), Google seperti ingin mengambil inisiatif untuk merangkul sebanyak mungkin programmer handal. Dengan begitu, mereka nantinya akan mendukung semua hal yang dibuat oleh Google di masa depan. Apakah program kursus ini akan berhasil? Kita lihat saja.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>