Menjadikan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Baru?

 

Youtube Logo

Youtube Logo

Youtube adalah salah satu situs streaming video yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua orang pernah mendengar nama youtube biarpun mungkin belum pernah membuka situs tersebut. Di youtube sendiri kita bias menemukan berbagai jenis video dari video diary seseorang sampai cara belajar bermain gitar. Hal ini membuat penulis berfikir, dengan kurikulum baru 2013 yang membuat siswa belajar melalui apapun dan berkurangnya buku paket untuk media pembelajaran. Apakah youtube bisa dipakai di sekolah-sekolah sebagai salah satu media tambahan pembelajaran siswa?

Umumnya jika seseorang mempunyai akun Youtube maka akun orang tersebut akan menjadi sebuah channel di youtube. dan youtube sudah membuat kategori-kategori untuk setiap channel yang ada. Hal ini memudahkan orang untuk mencari video sesuai yang mereka inginkan.

Dan di youtube banyak sekali channel yang menayangkan tentang sains, dari yang rumit selevel percobaan roket oleh beberapa mahasiswa sampai penjelasan simpel tentang sejarah dunia. Channel seperti CrashCourse setiap minggunya meng-upload video tentang sejarah jaman abad pertengahan di eropa sampai revolusi industri di inggris. Ini membuat pelajaran sejarah di kelas yang biasanya membosankan menjadi mengasyikan dan seru. Masih banyak channel di youtube tentang pendidikan, seperti StarTalkRadio yang berbicara seputar ilmu astronomi secara singkat dan mudah dimengerti dan lain-lain.

Hal ini membuat penulis bertanya kenapa metode ini belum dipakai di sekolah-sekolah?. Mulai adanya jaringan Wi-Fi di sekolah-sekolah dan banyaknya anak-anak yang menggunakan smartphone membuat setiap orang bisa mengakses channel-channel edukasi tersebut. Dan itung-itung bisa sambil belajar bahasa inggris secara bersamaan. Dan murid juga bisa mengulang pelajaran yang dilihat dimana-pun. Sayangnya penulis belum menemukan channel pendidikan yang berbahasa Indonesia. Padahal jika ada maka murid-murid yang belum terlalu fasih berbahasa inggris bisa mengerti dengan mudah materi yang disajikan dalam video.

Irfan Bintoro

just a passing trough college student who like to talk about technology, games and anime

More Posts

Follow Me:
TwitterFacebookGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>