Mengintip Aplikasi Swarm, Cara Foursquare Memata-Matai Kita

Swarm Bee

Akhirnya … setelah ditunggu beberapa minggu, Foursquare pun merilis aplikasi baru mereka yang diberi nama Swarm. Beberapa waktu lalu, saya telah menulis betapa menarik dan berbahaya nya aplikasi ini. Kini, kita bisa mengecek fitur-fiturnya secara langsung.

Karena aplikasi ini dibuat oleh Foursquare, maka dapat dipastikan akan ada tombol untuk check-in. Tapi kali ini tampilan tombol tersebut sedikit berbeda, dan ada di pojok kanan atas. Tombol tersebut sedikit tersembunyi, berbeda dengan yang ada di aplikasi Foursquare sebelumnya di mana tombol check-in itu begitu menonjol. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

Photo 18-5-14 8 26 47

Ciri khas Swarm adalah pada fitur Nighbourhood Sharing, di mana kita bisa membuka informasi tentang keberadaan diri kita, tanpa harus melakukan check-in. Secara default, ketika kita pertama kali membuka Swarm, maka fitur tersebut akan dalam kondisi menyala. Bagi pengguna yang ingin menjaga privasinya, bisa langsung mematikan fitur tersebut dengan me-swipe baris (bar) Neighbourhood Sharing yang berada di posisi atas layar, satu bidang dengan tombol check-in.

Di bagian bawah, ada 4 tombol khusus untuk mengakses fungsi-fungsi tertentu. Yang paling kiri adalah tombol Home, lalu di sebelah kanannya ada tombol untuk melihat laporan check-in teman kita, dilanjutkan dengan akses ke Nearby Plans (rencana untuk melakukan sesuatu di suatu tempat, dan menunjukkannya pada semua teman kita), lalu yang paling kanan ada tombol Notifications.

Bila kita telah mempunyai beberapa teman yang menggunakan Foursquare / Swarm, dan menyalakan fitur Neighbourhood Sharing mereka, maka akan ada pemberitahuan bila lokasi mereka dekat dengan kita. Lokasi -lokasi tersebut dikelompokkan dari yang terdekat hingga yang terjauh. Lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

Photo 18-5-14 19 11 22

Lalu di mana tombol untuk mengakses daftar teman kita? Anda harus membuka profil diri anda terlebih dahulu, dengan cara menekan avatar yang ada di posisi atas layar. Lalu akan tampil tampilan seperti di bawah ini, dan anda tinggal menekan tombol Friends.

Photo 18-5-14 8 27 03

Seluruh teman anda di Foursquare / Swarm akan tampil di sana. Dan apabila kalian memilih seorang teman, maka akan muncul tampilan profil teman kita, lengkap dengan posisi terakhir di mana mereka mengakses Foursquare, atau posisi terakhir mereka menagktifkan fitur Noeighbourhood Sharing. Di layar profil teman tersebut, anda juga bisa merubah opsi apakah anda ingin selalu diingatkan setiap kali teman anda melakukan check-in atau tidak.

Photo 18-5-14 8 31 25

Swarm adalah aplikasi yang tak kasat mata (invisible), atau berjalan dibelakang layar (running in the background app). Ia hanya akan berguna bila ada sesuatu yang penting, yang kemudian ia sampaikan kepada kita lewat push notifications (notifikasi di layar utama). Apakah hal ini terdengar tidak asing untuk anda? Yup, bila anda pernah menonton serial Person of Interest, maka Swarm sangat mirip dengan The Machine, sebuah aplikasi kecerdasan buatan (artificial intelligence / AI) yang bisa mendeteksi setiap gerak-gerik masyarakat dunia. Bedanya, Swarm hanya mempunyai informasi lokasi pengguna, tanpa suara dan video seperti yang bisa dilakukan The Machine.

Aplikasi ini adalah bentuk kecil dari aplikasi besar yang diungkapkan keberadaannya oleh Edward Snowden, aplikasi yang memata-matai seluruh masyarakat dunia. Aplikasi semacam ini tak bisa dihindarkan, karena merupakan salah satu kemajuan teknologi. Hanya saja kita harus bijak dan cerdas dalam memakainya. Contohnya dengan tidak terus-menerus menyalakan fitur Neighourhood Sharing, bila anda tidak ingin ada sesuatu yang terjadi pada anda.

Sampai jumpa di seri Intip Aplikasi berikutnya.


adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>