Mengintip Aplikasi Peekster – Membaca Koran Jadi Lebih Menyenangkan

Peekster

Mulai saat ini, saya akan coba memperkenalkan anda pada aplikasi-aplikasi mobile menarik, baik yang ada di iOS maupun Android (atau mungkin platform-platform lain). Dan kali ini saya akan membahas sebuah aplikasi yang berasal dari Inggris Raya, Peekster.

Peekster adalah sebuah aplikasi yang memudahkan anda untuk mencari dan berbagi berita, terutama ketika anda sedang membaca koran atau majalah cetak. Di era yang serba digital seperti sekarang, masih ada banyak orang yang lebih menyukai membaca surat kabar atau majalah dalam bentuk cetak. Sayangnya, mereka sering mengalami kesulitan bila ingin membaca artikel tersebut di lain waktu, atau ingin memberitahukan berita yang sedang mereka baca kepada rekan bisnis atau keluarga. Padahal, hal tersebut bisa mudah sekali dilakukan bila kita sedang membaca artikel atau berita dalam bentuk digital. Beberapa surat kabar mencoba untuk mengatasi hal itu dengan memberikan barcode pada berita-berita tertentu. Sayangnya, hal itu hampir mustahil dilakukan untuk seluruh artikel di media cetak.

Nah, karena permasalahan itulah Peekster hadir. Dengan aplikasi ini, kita cukup mem-foto judul artikel atau paragraf pertama dari suatu berita, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan berita-berita yang serupa dengan apa yang sedang anda baca. Setelah itu, anda bisa menyimpan dan berbagi berita tersebut kepada orang lain. Jadilah Peekster teman utama bagi yang terbiasa membaca media cetak. Sangat sesuai dengan motto mereka “if you like print, you will love Peekster.” Sayangnya untuk saat ini, Peekster baru tersedia untuk platform iOS saja.

Bagaimana cara menggunakan Peekster?

Ketika memasuki aplikasi Peekster, kita akan langsung dihadapkan pada tampilan halaman ‘Home’ seperti di bawah ini.

Peekster 1

Jangan bingung, karena memang tidak ada tombol yang perlu kita tekan. Cukup arahkan kamera kita ke judul artikel yang ingin kita simpan (dalam kesempatan ini saya ingin menyimpan berita tentang “Michael Schumacher”), lalu tekan layar iPhone / iPad anda di posisi manapun.

Peekster 2

Setelah itu, akan muncul fitur ‘Cropping’, seperti yang biasa kita lihat jika ingin mengganti foto profil di Facebook, untuk lebih mengarahkan gambar ke headline yang kita inginkan. Setelah selesai, langsung tekan tombol ‘Apply’.

Peekster 3

Voila, berita-berita tentang Michael Schumacher langsung muncul di layar. Bila ingin membaca sebuah berita, kita bisa memilih salah satu pilihan artikel, atau tekan tombol ‘X’ bila hasil yang tampil kurang tepat dengan apa yang kita inginkan.

Peekster 4

Bila anda memilih salah satu berita, akan muncul tampilan di atas. Di bagian bawah ada 2 buah tombol, yang sebelah kiri untuk menyimpan artikel tersebut, sedangkan yang sebelah kanan untuk membagi berita tersebut kepada orang lain. Sampai saat ini fasilitas sharing yang tersedia hanya lewat Facebook, Twitter, E-mail, dan iMessage.

Nah, dari halaman ini, anda bisa membaca lebih lanjut artikel tersebut dengan menggeser jari anda / ‘swipe’ ke arah atas. Jika anda ingin mencari berita lain yang serupa, cukup ‘swipe’ ke arah kiri hingga muncul tampilan di bawah ini.

Peekster 5

Dari tampilan halaman ‘Discover’ di atas, kita bisa memilih salah satu artikel untuk membaca lebih lanjut. Dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Peekster 6

Peekster sebagai sebuah startup baru resmi diluncurkan dari tempat pengembangan startup terkenal di UK, Wayra, di akhir Februari 2014. Karena itu tak heran kalau masih ada kekurangan di sana-sini, terutama fungsinya sebagai pencari berita yang sepertinya masih terbatas di kawasan Inggris dan Eropa. Namun bila startup ini bisa makin berkembang, ia bisa menjadi alternatif pencari berita yang populer di masa depan.

———

Note : Apabila kalian ingin saya mereview sebuah aplikasi tertentu, langsung saja sampaikan lewat komentar di artikel ini, atau kirimkan email ke aditya.hadi@aitinesia.com … Saya tunggu *wink*

 

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>