Mengintip Aplikasi Medium – Si Elegan Itu Akhirnya Tiba

Medium-app

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya muncul juga yang ditunggu-tunggu, aplikasi Medium untuk iPhone. Medium adalah sebuah startup yang dibuat oleh Founder Blogger dan Twitter, Evan Williams. Di postingan sebelumnya saya sudah menceritakan tentang medium yang merupakan perkawinan antara Blogger dan Twitter, dengan tampilan yang jauh lebih elegan.

Sayangnya, aplikasi yang baru saja diluncurkan ini hanya bisa digunakan untuk membaca artikel yang ada di dalam Medium. Sang pembuat tidak membuat fitur untuk menulis atau sekedar memberi komentar tambahan pada artikel-artikel di dalamnya. Untuk membuat artikel baru atau merubah artikel yang sudah kita buat sebelumnya, hanya bisa dilakukan lewat aplikasi web di laptop atau PC anda.

Evan Williams mengatakan kalau memang ada perbedaan pendapat di awal proses pengembangan aplikasi ini. Semua memberikan usul tentang bentuk aplikasi yang ingin mereka buat. Dan hasilnya, adalah yang saat ini berada di tangan kita, sebuah aplikasi yang hanya bisa digunakan untuk membaca, dengan tampilan yang lebih elegan dan proses menampilkan artikel yang lebih cepat.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut?

Begitu kita men-download aplikasi Medium dari AppStore dan membukanya, maka kita akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Tidak ada pilihan selain masuk menggunakan akun Twitter anda (terlihat betapa Evan Williams tetap ingin mempromosikan startup yang telah ia buat sebelumnya). Silakan buat dulu bila anda belum punya dan tetap ingin masuk menggunakan Medium.

Photo 21-3-14 15 54 36Begitu masuk, anda akan langsung disuguhkan dengan sebuah kata-kata sambutan dari Evan Williams yang berjudul “Welcome to Medium for iPhone”. Dan semua tulisan di Medium akan ditampilkan seperti itu. Di sebelah kiri bawah akan tampil akun si pembuat tulisan (Ev Williams), dan di sebelah kanan bawah ada perkiraan waktu membaca tulisan tersebut (2 min). Swipe layar iPhone anda ke arah atas untuk melanjutkan membaca.

Photo 21-3-14 15 53 47

Betapa elegennya Medium, bisa kita lihat saat ada transisi antara gambar dan tulisan. Mereka membuat efek blur pada transisi tersebut, seperti terlihat pada gambar di bawah.

Photo 21-3-14 15 54 03

Bila telah sampai di akhir artikel, maka anda akan mendapati tombol untuk merekomendasikan artikel, atau berbagi artikel tersebut kepada orang lain lewat iMessage, email, dan (pastinya) Twitter. Bila anda merekomendasikan sebuah artikel, maka Medium akan memasukkan hal itu ke dalam algoritma mereka dan menjadikannya sebagai acuan untuk menampilkan artikel tersebut kepada pengguna lain.

Di bagian bawah ada tampilan User (Ev Williams) dan Collections (Beautiful Stories). Bila anda menekan tampilan User, maka anda akan melihat daftar tulisan yang dibuat oleh user tersebut. Sebaliknya, bila anda menekan tampilan Collections, maka anda akan melihat daftar tulisan yang masuk ke dalam collections tersebut. Ingin melanjutkan membaca artikel lain? Cukup swipe saja layar iPhone anda ke arah kiri atau kanan.

Photo 21-3-14 15 54 10Pilihan lain yang bisa kita pilih selain membaca, hanyalah melihat bantuan dalam menggunakan aplikasi Medium ini, atau keluar dari akun yang sedang kita gunakan. Pilihan-pilihan ini bisa anda akses dengan menekan logo Medium yang ada di sebelah kiri atas layar anda.

Photo 21-3-14 15 54 28

Walaupun Medium berkali-kali menggunakan kata ‘Indah’ (Beautiful App, Beautiful Stories, dan lain-lain), saya lebih suka menggunakan kata ‘Elegan’ untuk aplikasi ini. Sejauh ini belum ada kata-kata dari Medium tentang pembuatan aplikasi serupa untuk platform Android. Sampai jumpa di artikel “Intip Aplikasi” berikutnya.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>