Mengenal Snapdragon 810, Teknologi Terbaru Qualcomm Untuk 2015

Qualcomm 1

Mungkin banyak pembaca yang belum tahu, kalau fitur-fitur canggih yang diusung oleh smartphone-smartphone terbaru saat ini bukanlah dibuat oleh Google atau produsen smartphone itu sendiri. Faktanya, banyak fitur-fitur tersebut yang memang sudah disediakan oleh para pembuat prosesor, seperti Qualcomm. Contohnya adalah fitur turbo charging yang tersedia di beberapa smartphone, itu adalah salah satu fitur yang memang sudah disediakan oleh Qualcomm.

Fitur-Fitur Terbaru Snapdragon 810

Fitur-Fitur Terbaru Snapdragon 810

Saat ini, prosesor Qualcomm yang paling banyak digunakan oleh smartphone-smartphone flagship (smartphone unggulan dari masing-masing produsen), adalah Snapdragon 801 dan Snapdragon 805. Mulai dari Motorola Moto X edisi 2014, LG G3, HTC One M8, Samsung Galaxy S5, hingga Nexus 6, semuanya menggunakan 2 prosesor pilihan tersebut. Tahun depan, kemungkinan sebagian besar dari smartphone-smartphone yang beredar juga akan tetap menggunakan prosesor Qualcomm. Namun kali ini, mereka akan dilengkapi dengan prosesor terbaru Qualcomm untuk tahun 2015, yaitu Snapdragon 810, Snapdragon 808, dan para penerusnya nanti. Apa saja fitur yang sudah disiapkan Qualcomm untuk prosesor-prosesor terbarunya tersebut?

Touchless Control, Mengatur Smartphone Hanya Dengan Suara

Ketika Motorola Moto X pertama kali diluncurkan, ia telah dilengkapi dengan sebuah fitur menarik di mana kita bisa menyalakan smartphone hanya dengan sebuah ucapan, “Ok, Google”. Ini juga merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Qualcomm, bukan oleh Google. Dan untuk prosesor terbarunya, Qualcomm akan membuat smartphone yang mereka dukung untuk bisa merespon lebih banyak jenis suara. Salah satu manfaat dari fitur ini bisa dirasakan jika kita menggunakan aplikasi yang bisa menebak judul lagu hanya dengan mendengar musiknya saja, seperti Shazam. Dengan teknologi terbaru ini, proses perekaman dan pencarian judul lagu dengan Shazam akan terasa semakin cepat.

Dukungan untuk Resolusi Layar 4K

Resolusi tertinggi dari sebuah layar smartphone yang paling canggih saat ini adalah 2K atau sekitar 2560 x 1440 piksel. Namun, di tahun 2015 nanti, beberapa smartphone diramalkan akan menggunakan resolusi layar yang dua kali lipat dari resolusi terbesar saat ini, yaitu mencapai 4K. Untuk itu, prosesor terbaru Qualcomm juga akan dilengkapi dengan dukungan untuk resolusi layar yang sangat besar tersebut, namun pastinya harganya juga akan cukup mahal.

Snapdragon 810 menurut Antutu

Snapdragon 810 menurut Antutu

Penggunaan Sistem 64-bit

Qualcomm memang telah merilis prosesor dengan teknologi 64-bit pada tahun 2014 ini, yaitu Snapdragon 610 dan Snapdragon 615. Namun mereka belum pernah memasukkan teknologi tersebut pada prosesor seri 800. Karena itu, Snapdragon 810 juga akan menjadi prosesor seri 800 pertama yang menggunakan teknologi 64-bit. Hal ini sangat bermanfaat bagi para developer, karena bisa membuat proses pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah. Migrasi teknologi dari 32-bit ke 64-bit ini juga senada dengan kampanye yang dilakukan Google, yang mulai memberikan dukungan pada teknologi 64-bit di sistem operasi terbarunya, Android 5.0 atau yang biasa dikenal dengan nama Lollipop.

Kill Switch, Memastikan Data Anda Aman Ketika Smartphone Anda Dicuri

Apa yang paling anda khawatirkan ketika smartphone anda dicuri? Mungkin anda tidak akan terlalu mempermasalahkan device smartphone yang hilang tersebut, karena anda bisa membelinya lagi di kemudian hari. Tapi yang berbahaya dari pencurian sebuah smartphone adalah dicurinya data-data pribadi kita yang ada di smartphone tersebut. Oleh karena itu, Qualcomm juga memberikan fitur Kill Switch, yang mana apabila digunakan bisa membuat smartphone kita jadi tidak bisa berfungsi. Karena fungsi ini mematikan prosesor sebuah smartphone, maka si pencuri juga tidak bisa melakukan cara apapun untuk bisa mengembalikan fungsi smartphone curian tersebut. Di Amerika Serikat, pemerintah setempat telah mewajibkan smartphone yang beredar untuk mempunyai fitur seperti ini, karena diharapkan fitur ini bisa membuat angka pencurian smartphone menjadi berkurang.

New Qualcomm Processor

Jadi, sudah siap untuk menyambut era baru teknologi di tahun 2015?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>