Mengapa Twitch Menjual Diri Mereka Kepada Amazon?

Emmett Shear

Ketika akhirnya Twitch mengumumkan penjualan perusahaan mereka kepada Amazon, dan bukan kepada Google, dengan harga 970 Juta Dollar, banyak yang bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada Twitch nantinya. Twitch, sebuah layanan yang menyediakan video pengalaman bermain game, sebelumnya dikabarkan akan menjadi bagian dari Youtube, ketika isu kalau mereka akan dibeli oleh Google muncul. Hal itu seperti sebuah kerja sama yang saling menguntungkan. Namun ketika ternyata yang membeli mereka adalah Amazon, maka muncul sedikit kekhawatiran.

Seperti yang kita tahu, Amazon merupakan sebuah website jual beli yang pasti hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan mereka. Sebelumnya Amazon sempat membeli Goodreads, sebuah startup database buku, dan hal itu ditentang oleh para pengguna Goodreads. Banyak pengguna yang merasa terganggu dengan dipakainya database dan review mereka untuk kepentingan bisnis Amazon. Kemungkinan hal yang sama juga akan terjadi pada semua video dan review yang ada di Twitch. Ikhlaskah para pengguna Twitch jika hal itu terjadi?

Emmett Shear Mencoba Menjelaskan Tentang Mengapa Twitch Dijual

Dalam event TechCrunch Disrupt yang sedang berlangsung di San Fransisco, sang Chief Executive Officer (CEO) di Twitch, Emmett Shear, mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

“Dalam penjualan ini, kami tidak semata-mata mencari keuntungan, tapi kamu berusaha untuk melakukan integrasi antara Amazon dan Twitch. Kami menganggap hal ini sebagai sebuah kesempatan.”

Begitulah kata-kata Emmett Shear ketika ditanya tentang apa yang akan terjadi di antara Twitch dan Amazon. Ia tampak begitu berhati-hati dalam memilih kata-kata. Tampaknya, terlepas dari penjualan yang telah terjadi, Twitch dan Amazon masih melakukan diskusi tentang bentuk kerja sama yang akan mereka lakukan. Salah satu hal yang mungkin bisa terjadi adalah fitur pembelian game lewat Amazon, yang bisa kita lakukan sembari menonton video di Twitch.

Bagaimana dengan Virtual Reality (VR)?

Virtual Reality (VR) sekarang memang sedang naik daun. Berawal dari Oculus Rift yang kemudian dibeli oleh Facebook seharga 2 Miliar Dollar, produsen-produsen lain pun ikut membuat platform VR, termasuk Samsung di Event IFA 2014. Virtual Reality adalah semacam penghubung antara kita dengan sebuah dunia digital yang seolah-olah mengelilingi kita. VR biasanya memakai alat bantu berupa kaca-mata pintar.

Emmett Shear 1

Nah, pertanyaannya apakah nantinya Twitch akan membuat video pengalaman bermain VR? Emmett Shear mengatakan kalau Twitch ingin merekam segala macam permainan dalam bentuk apapun, termasuk VR. Mungkin pelaksanaannya akan sedikit sulit, namun Emmett yakin kalau nantinya mereka akan bisa merekam permainan VR.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>