Mengapa Amazon Fire Phone Merupakan Produk Gagal?

Amazon Fire Phone 2

Amazon meluncurkan produk smartphone pertama mereka pada sebuah acara khusus yang berlangsung pada bulan Juni yang lalu. Smartphone yang kemudian mereka sebut dengan Fire Phone ini sempat mendapatkan julukan sebagai smartphone tercanggih karena berisi teknologi-teknologi baru yang belum ada di smartphone lainnya. Di antara teknologi menarik yang ada di dalam Fire Phone tersebut adalah tampilan Dynamic Perspective yang bisa memberikan kesan 3 Dimensi, serta Firefly yang bisa mengenali hampir semua benda yang kita lihat dan menunjukkan di mana kita bisa membelinya.

Penjualan Fire Phone yang Super Lambat

Amazon memang tidak secara resmi mengumumkan jumlah penjualan Fire Phone, namun beberapa firma independen yang melakukan penelitian menemukan kalau penjualan Fire Phone terlihat sangatlah lambat. Seperti yang dilakukan perusahaan bernama Chitika yang menghitung berdasarkan iklan yang berhasil tampil di device Fire Phone. Data Chitika menunjukkan kalau hanya ada 26.000 sampai 35.000 device Fire Phone yang terjual dan digunakan secara rutin oleh masyarakat umum saat ini. Angka yang sangat kecil, apalagi bila kita membandingkannya dengan penjualan iPhone 6.

Amazon Fire Phone 1

Beberapa cara pun coba dilakukan oleh Amazon untuk sedikit menaikkan penjualan Fire Phone, agar mereka tidak terlalu rugi dalam produksi smartphone ini. Cara pertama adalah dengan menurunkan harga Fire Phone hingga hanya 99 Sen Dollar atau sekitar Rp 11.000 dengan tambahan kontrak yang harus dilunasi selama beberapa bulan ke depan. Masih merasa belum cukup dengan langkah tersebut, Amazon pun berencana untuk memperluas penjualan Fire Phone ke wilayah Eropa pada tanggal 30 September 2014 nanti. Siapa tahu saja, orang-orang Eropa lebih tertarik dengan smartphone canggih tersebut.

Masalah-Masalah yang Biasa Terjadi pada Amazon Fire Phone

Mengapa penjualan Amazon Fire Phone begitu tersendat? Salah satunya adalah karena kesan eksklusif yang coba ditawarkan Amazon. Seperti yang kita tahu, Fire Phone dibuat dengan sistem operasi Android. Namun ia menggunakan Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa, sehingga tidak bisa menghadirkan kesan menggunakan Android seperti yang biasa kita dapatkan di smartphone-smartphone produksi Samsung, Sony, HTC, dan lain-lain. Di dalam Fire Phone bahkan tidak tersedia Google Play, di mana kita biasa mencari aplikasi-aplikasi menarik untuk dimasukkan ke smartphone Android kita.

Keunggulan Fire Phone hanya ada pada teknologi Dynamic Perspective dan Firefly yang digunakan, serta integrasi dengan layanan-layanan Amazon yang lain. Teknologi-teknologi tersebut pun sebenarnya belum bisa digunakan secara optimal. Belum banyak aplikasi yang mendukung penggunaan Dynamic Perspective yang sedikit mirip dengan tampilan 3 Dimensi. Adapun untuk Firefly, beberapa kali ditemukan kasus kalau aplikasi yang seharusnya bisa mengenali barang tersebut tidak bisa mengenali barang dengan tepat.

Selain itu, ada juga beberapa masalah yang menyebabkan orang menjadi enggan untuk menggunakan Fire Phone, seperti kondisi baterai yang cepat sekali habis. Lengkaplah sudah masalah-masalah yang ada di produk Fire Phone ini. Bagaimana menurut anda tentang produksi Fire Phone oleh Amazon, bisakah disebut sebagai produk gagal?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>