Masa Depan Televisi 4K


Televisi hologram yang bisa menampilkan tayangan yang kita mau pada saat kita menginginkannya dengan interaksi layaknya Jarvis dari franchise Iron Man mungkin masih agak lama bisa kita nikmati, namun inovasi di dunia teknologi televisi saat ini rupanya juga sudah banyak menawarkan hal-hal yang gak kalah menarik. Misalnya saja teknologi layar melengkung, layar super jernih Ultra HD (biasa disingkat UHD), serta fitur smart TV yang dapat menyulap televisi Anda menjadi pusat hiburan digital.

Meskipun belum ditulis di atas batu, namun standard televisi, khususnya UHD tengah digarap. Pabrikan seperti Samsung, LG dan Sony pun tengah membentuk kelompok khusus untuk menangani masalah ini yang bernama UHD Alliance. Lalu apa hubungannya dengan masa depan?

Apa Itu TV 4K?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai masa depan, mari kita ulas sedikit mengenai TV 4K.

Mudahnya, televisi 4K (atau yang biasa dikenal juga dengan istilah TV UHD) memiliki resolusi yang sangat tinggi mencapai 8 juta pixel. 4 kali lebih banyak dibandingkan televisi Full HD 1080p yang marak beredar sekarang dengan resolusi 2 juta piksel.

Hal ini tentu membuat gambar yang ditampilkan menjadi jauh lebih jernih, lebih detail, dan lebih terasa nyata. Bahkan akan sangat sulit melihat satu buah piksel yang menyusun keseluruhan gambar meskipun kita melihat dengan sangat dekat.

Samsung SUHD 4K Flat Smart TV JS7200 Series 7

Penggunaannya pun beragam. Dengan detil yang jernih para fotografer bisa melihat dan menganalisis hasil jepretannya dengan detil yang tidak bisa diberikan tv-tv sebelumnya. Para gamer sejati dapat memainkan game-game baru dengan setting-an resolusi paling tinggi. Penikmat film juga bisa merasakan indahnya menonton layaknya di bioskop. Dan masih banyak lagi.

Namun televisi ultra HD 4K dengan fitur smart TV ini bukan merupakan teknologi yang jauh di masa depan. Bahkan sudah banyak televisi seperti ini yang merambah pasar Indonesia. Contohnya yang baru-baru ini resmi meluncur di tanah air seperti ini.

Melihat Masa Depan

Hadirnya teknologi baru seringkali membawa rentetan perubahan dalam keseharian. Misalnya munculnya Internet yang mengubah pola dan perilaku manusia dalam berkomunikasi, bertransaksi sampai mencari jodoh.

Begitu pula kami melihat dalam teknologi televisi 4K. Di mana selain untuk menonton siaran stasiun televisi baik lokal maupun kabel berlangganan, kini penggunaannya menjadi semakin variatif. Mulai dari menonton film dari file, sebagai layar bermain game, contohnya PC Master Race, pengganti proyektor, sampai browsing Internet dan media sosial. Singkatnya televisi kini sudah ibarat tablet dengan ukuran jumbo!

Hadirnya teknologi 4K dan UHD kami rasa akan mengubah standard dalam prilaku penangkapan gambar. Kini, ekspektasi orang semakin tinggi terhadap resolusi. Akan semakin marak kamera-kamera dengan megapiksel tinggi, bahkan pada ponsel, resolusi konten-konten multimedia, sehingga ekspektasi resolusi minimum sebuah konten pun akan naik.

Jarang sudah kita jumpai resolusi 240p pada video YouTube. Asing sudah kita merasa ketika menonton sinema-sinema jadul dari VCD dengan resolusi rendah. Belum lagi jika kita membahas dunia game. Singkatnya, standard akan semakin meningkat seiring tingginya ekspektasi. Pertanyaannya, sudah siapkah kita?

Artikel ini hasil kerja sama Aitinesia dengan Samsung SUHD TV JS7200

galihpermadi

Editor aitinesia. Kalo lagi ga sibuk ngurusin aitinesia, biasanya doi sibuk ngurusin badan. Gemar cabang-cabang olahraga menantang seperti Catur dan Monopoli.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>