Melanggar Paten Ericsson, Produk Xiaomi Dilarang Dijual di India

Xiaomi India

Pengembangan pasar Xiaomi di luar China, mulai menemui hambatan. Pengadilan Tinggi di New Delhi, India, baru-baru ini memerintahkan Xiaomi untuk menghentikan penjualan produk, pemasaran produk, pembuatan produk, serta impor produk ke India. Dengan begitu, Flash Sale yang selama ini diadakan oleh partner e-commerce mereka di India, Flipkart, juga harus dihentikan. Hal ini juga meliputi penarikan daftar produk Xiaomi yang selama ini dimuat di website Flipkart. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Xiaomi Dilarang Dijual, Karena Dianggap Melanggar Paten Milik Ericsson

Ternyata, Pengadilan Tinggi di New Delhi memutuskan hal tersebut karena aduan dari Ericsson yang menganggap Xiaomi telah melanggar Standard Essential Patents (SEP) dari Ericsson. Belum jelas bagian mana dari SEP tersebut yang dilanggar oleh Xiaomi, dan produk-produk apa saja yang melanggar SEP tersebut. Namun perwakilan dari Ericsson menyatakan kalau mereka telah menghubungi Xiaomi, namun tidak pernah digubris oleh perusahaan asal China tersebut.

Berikut pernyataan yang dirilis oleh Ericsson:

“Komitmen Ericsson untuk mendukung perkembangan teknologi dan inovasi di seluruh dunia sudah tidak perlu diragukan lagi. Tak adil rasanya kalau Xiaomi mengambil manfaat dari investasi penting kami di bidang Research & Development tanpa membayar biaya lisensi yang pantas untuk teknologi kami.

Setelah lebih dari 3 tahun berusaha untuk membangun komunikasi terkait lisensi ini dengan dasar kepercayaan, untuk produk-produk yang memakai standard GSM, EDGE, dan UMTS/WCDMA, Xiaomi terus menolak untuk memberikan respon. Ericsson, akhirnya, harus mengambil jalur hukum.

Untuk melanjutkan investasi dalam penelitian dan mengembangkan ide-ide baru, standard baru, dan platform baru untuk dunia industri, kami harus mendapat imbal balik yang sesuai dengan investasi kami sebelumnya di bidang Research & Development. Kami menunggu untuk bekerja sama dengan Xiaomi demi meraih keputusan yang adil dan wajar, seperti yang kami lakukan dengan lisensi-lisensi kami yang lain.”

Di sisi lain, pimpinan Xiaomi di India, Manu Jain, menyatakan kalau mereka tidak pernah merasa dihubungi oleh Ericsson. Berikut pernyataan lengkapnya:

“Karena kami belum merasa dihubungi oleh Pengadilan Tinggi New Delhi, tim legal kami baru berusaha mengevaluasi situasi yang saat ini terjadi. India adalah pasar yang penting bagi Xiaomi, dan kami akan memberikan respon secepatnya, dalam rangka memenuhi peraturan yang ada di India. Lebih lanjut, kami juga terbuka untuk bekerja sama dengan Ericsson untuk menyelesaikan masalah ini.”

Manu Jain, Pimpinan Xiaomi di India

Manu Jain, Pimpinan Xiaomi di India

Hal ini merupakan kelanjutan dari perang yang diusung Ericsson terhadap produsen-produsen smartphone yang dianggap melanggar paten mereka. Sebelumnya, Ericsson juga telah melaporkan produsen-produsen smartphone lain, seperti Micromax, Gionee (Himax), dan Intex, dengan tuduhan yang sama.

Ini adalah masalah kedua yang menimpa Xiaomi di India, setelah sebelumnya angkatan udara India melarang seluruh staff-nya menggunakan produk Xiaomi. Menurut mereka, Xiaomi mengirimkan seluruh data komunikasi yang melewati produk mereka, ke sebuah server yang berlokasi di China.

Mimpi Xiaomi Untuk Mengembangkan Pasar ke Amerika Selatan

Setelah sukses mengembangkan pasar di China, India, dan Indonesia sepanjang tahun 2014, Xiaomi berniat untuk melebarkan sayap penjualan mereka ke wilayah Amerika Selatan. Hal ini bisa dimaklumi karena sang Wakil Presiden, Hugo Barra, berasal dari salah satu negara di kawasan tersebut, Brazil. Namun sebelum mereka mengembangkan bisnis ke negara-negara tersebut, ada baiknya kalau mereka menyelesaikan terlebih dahulu masalah mereka di India, karena bisa jadi masalah paten tersebut juga akan membuat Xiaomi dilarang dijual di negara-negara lain.

Sumber:

  1. http://gadgets.ndtv.com/mobiles/news/xiaomi-reportedly-banned-from-importing-and-selling-handsets-in-india-632688
  2. http://spicyip.com/2014/12/breaking-news-delhi-high-court-grants-injunction-against-xiaomi.html
  3. http://techcrunch.com/2014/12/10/xiaomi-sales-ban-india-ericsson/
  4. http://www.india.com/whatever/smartphone-market-will-suffer-from-xiaomi-ban-in-india-218039/

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>