Meizu MX4, Calon Pesaing Utama Xiaomi Mi 4

Meizu MX4

Bila ditanya tentang produsen smartphone mana yang paling mendapat sorotan akhir-akhir ini, maka jawabannya pasti adalah Xiaomi. Dengan dukungan dari Hugo Barra, mantan Wakil Presiden Android, Xiaomi pun menjadi salah satu produsen smartphone yang terkemuka di dunia. Bahkan, dengan dukungan komunitas pengguna yang terus mereka jaga, penjualan smartphone Xiaomi kini sudah bisa bersaing dengan produsen-produsen besar seperti Samsung dan Apple di negara asal mereka, China.

Namun, bila berbicara tentang produsen smartphone yang berkembang karena kekuatan komunitas, kita tidak boleh mengabaikan sebuah produsen bernama Meizu, yang juga berasal dari China. Bahkan, Meizu ini adalah pelopor sistem pemasaran yang mengandalkan komunitas, seperti yang saat ini dikembangkan oleh Xiaomi. Mengawali karir sejak tahun 2003, Meizu pun berhasil mengangkat nama mereka hingga terkenal ke seluruh dunia.

Untuk mempertahankan eksistensi mereka, tidak ada cara lain bagi Meizu selain bersaing dengan Xiaomi dalam segala hal. Oleh karena itu, ketika Xiaomi meluncurkan smartphone flagship terbaru mereka, Xiaomi Mi 4 pada bulan Juli 2014 yang lalu, Meizu pun tidak tinggal diam. Meizu hanya perlu 2 bulan untuk mempersiapkan smartphone tandingan, yang mereka beri nama Meizu MX4.

Spesifikasi Lengkap Meizu MX4

Meizu MX4 Xiaomi Mi 4
Prosesor MediaTek MT6595, Quad Core 2,2 GHz + Quad Core 1,7 GHz Quad Core Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz
RAM 2 GB 3 GB
Memori Internal 16 / 32 / 64 GB 16 / 64 GB
Ukuran 5,36 inchi (1152 x 1920 piksel) 5 inchi (1080 x 1920 piksel)
Kamera 20,7 megapiksel (kamera utama) + 2 megapiksel (kamera depan) 13 megapiksel (kamera utama) + 8 megapiksel (kamera depan)
Sistem Operasi Android KitKat (4.4.4) Android KitKat (4.4.3)
Baterai 3100 mAh 3080 mAh

Secara umum, Meizu MX4 merupakan smartphone yang lebih baik bila dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4. Performa prosesor Octa Core MediaTek, MT6595, memang masih sedikit meragukan bila dibandingkan dengan prosesor Quad Core milik Qualcomm, Snapdragon 801. Tapi setidaknya, paling tidak MT6595 ini masih bisa disebut setara dengan Snapdragon 801. MX4 hanya kalah dari besar RAM yang hanya 2 GB, lebih kecil dari Mi 4 yang menggunakan RAM 3 GB.

Dari sisi layar, Meizu MX4 menggunakan layar yang lebih besar (5,36 inchi) dan lebih tajam (1152×1920 piksel) bila dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4. Mereka juga telah menggunakan layar Gorilla Glass 3 yang anti gores. Meizu dikabarkan juga menambahkan semacam peredam getaran pada layar MX4, sehingga bisa mencegah resiko layar retak jika smartphone terjatuh dan membentur lantai.

Meizu MX4 1

Selain itu, Meizu MX4 juga mempunyai kamera depan yang lebih baik, baterai yang kapasitasnya lebih besar, dan berat yang lebih ringan daripada Xiaomi Mi 4. Apabila prediksi yang mengatakan kalau harga MX4 hanya sekitar Rp 3.500.000, maka ia bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik bila dibandingkan dengan Xiaomi Mi 4.

Bagaimana dengan anda, tertarik untuk mempunyai Meizu MX4?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>