Meizu M2 Note, Smartphone Terbaik di Kelas 2 Juta ke Bawah

Meizu M2 Note

Bila berbicara tentang smartphone dengan harga di bawah 2 Juta Rupiah, sepertinya tidak ada yang lebih layak untuk dibeli selain produk-produk buatan Xiaomi dan Asus, seperti Xiaomi Redmi Note dan Asus Zenfone 4S. Kedua produsen tersebut memang benar-benar menguasai pasar smartphone kelas menengah ke bawah tersebut. Namun kali ini, mereka akan kedatangan pendatang baru dengan spesifikasi yang lebih segar, dan tentunya performa yang lebih baik. Siapa lagi kalau bukan Meizu M2 Note yang akan diluncurkan pada hari Jum’at, tanggal 14 Agustus 2015 nanti.

Meizu M2 Note vs Xiaomi Redmi Note vs Asus Zenfone 4S

Xiaomi Redmi Note dan Asus Zenfone 4S telah berumur lebih dari 1 tahun sejak tanggal rilisnya. Dan selama setahun terakhir, belum ada yang bisa menandingi popularitas mereka di kelas smartphone dengan harga di bawah 2 Juta Rupiah. Karena itu, kehadiran Meizu M2 Note dengan harga yang cukup bersaing, yaitu Rp 1.999.000, dapat dipastikan akan mengganggu persaingan di pasar smartphone tersebut. Masalahnya, apakah Meizu M2 Note cukup mampu mengundang perhatian penggemar smartphone di Indonesia? Mari kita coba bandingkan ketiga smartphone tersebut dalam sebuah Smartphone War! ( Tanda ‘=’ menandakan dua smartphone di sebalah kiri dan kanan tanda tersebut berkualitas sama, sedangkan tanda ‘>’ menandakan kalau smartphone di sebelah kiri tanda lebih baik daripada smartphone di sebelah kanan tanda)

Meizu M2 Note 3

Dari sisi prosesor, Meizu M2 Note menggunakan prosesor paling ‘gress’ dari MediaTek, yaitu MT6753, yang jelas jauh mengungguli Intel Atom Z2520 milik Asus Zenfone 4S. Namun apabila dibandingkan dengan MT6592 milik Xiaomi Redmi Note yang kualitasnya telah terbukti baik, MT6753 butuh waktu untuk membuktikan sebaik apa kualitas mereka, walaupun secara spesifikasi mereka sama-sama menggunakan teknologi Octa-Core. Karena itu, untuk urusan prosesor kami berpendapat Meizu M2 Note = Xiaomi Redmi Note > Asus Zenfone 4S.

Kemudian kita beralih ke layar yang digunakan oleh Meizu M2 Note, di mana mereka menggunakan IGZO Capacitive Touchscreen berukuran 5.5 inchi dengan resolusi 1080×1920 piksel. Untuk ukuran smartphone seharga 2 Juta ke bawah, layar seperti ini sudah sangat wah. Karena itu, Meizu M2 Note pun jadi yang terbaik dalam hal ini; Meizu M2 Note > Xiaomi Redmi Note > Asus Zenfone 4S.

Meizu M2 Note 1

Sayangnya, Meizu M2 Note hanya menggunakan kamera berkekuatan 13 megapiksel untuk kamera utama, dan 5 megapiksel untuk kamera depan. Mengapa kami katakan ‘hanya’, karena Xiaomi Redmi Note juga menggunakan kamera yang sama. Di internet kami belum bisa menemukan contoh hasil foto Meizu M2 Note, sehingga belum bisa membandingkannya dengan Xiaomi Redmi Note. Namun apabila kita membandingkan spesifikasi kamera yang digunakan, kemungkinan hasil foto keduanya tidak akan jauh berbeda. Karena itu kami simpulkan untuk urusan kamera Meizu M2 Note = Xiaomi Redmi Note > Asus Zenfone 4S.

Dari sisi sistem operasi, Meizu M2 Note tampil menarik dengan Flyme OS yang berbasis sistem operasi Android terbaru, yaitu Android Lollipop (Android versi 5). Di sinilah Meizu M2 Note dan Asus Zenfone 4S, yang juga telah mendapat update Android Lollipop, berhasil mengalahkan Xiaomi Redmi Note yang maksimal hanya bisa diupdate ke Android KitKat (Android versi 4). Sayangnya, Flyme OS yang digunakan oleh Meizu M2 Note masih mempunyai beberapa kekurangan seperti tidak adanya shortcut ke fitur pengaturan di tampilan notofikasi, seperti yang ada di umumnya tampilan sistem operasi Android. Namun kekurangan ini tertutupi dengan desain yang menarik di mana seluruh aplikasi terkumpul di satu layar, seperti di sistem operasi iOS. Kesimpulannya, untuk urusan sistem operasi, kami berpendapat kalau Meizu M2 Note = Asus Zenfone 4S > Xiaomi Redmi Note.

Meizu M2 Note 2

Kemampuan baterai Meizu M2 Note juga bisa dibilang sebanding dengan Xiaomi Redmi Note karena sama-sama menggunakan baterai berkapasitas 3.100 mAh. Dengan kemampuan prosesor dan layar yang relatif sama, keduanya kemungkinan akan bertahan tanpa charger untuk waktu yang relatif sama, tergantung dari jumlah aplikasi yang digunakan oleh pengguna. Sebuah pengetesan yang dilakukan oleh AndroidHeadlines menyebutkan kalau Meizu M2 Note ini bisa bertahan 24 jam sejak dicharge penuh, dengan pemakaian layar sekitar 5 jam. Jadi,  Meizu M2 Note = Xiaomi Redmi Note > Asus Zenfone 4S dalam hal kapasitas baterai.

Selain hal-hal di atas, Meizu M2 Note punya keunggulan lain karena mereka adalah satu-satunya smartphone di antara 3 smartphone di atas yang sudah bisa mendukung jaringan 4G. Mereka juga punya kapasitas memori internal (ROM) 16 GB dan RAM 2 GB, lebih tinggi dibanding kedua smartphone lainnya yang kita bandingkan (Redmi Note = ROM 8 GB / RAM 1 GB; Zenfone 4S = ROM 8 GB / RAM 1 GB). Sayangnya, Meizu M2 Note ini tidak mempunyai slot SD Card khusus, dan harus mengorbankan 1 slot SIM Card dari 2 slot yang mereka miliki, bila ingin menggunakan SD Card. Hal ini berbeda dengan Xiaomi Redmi Note dan Asus Zenfone 4S yang masing-masing mempunyai slot SD Card dan Dual SIM Card yang khusus.

Kesimpulannya, Meizu M2 Note merupakan smartphone yang pas untuk kalian beli, apabila kalian mempunyai budget di bawah 2 Juta Rupiah. Namun apabila kalian sudah mempunyai Xiaomi Redmi Note, sepertinya kalian tidak perlu membeli lagi Meizu M2 Note ini, karena kedua smartphone tersebut mempunyai kemampuan yang relatif sama. Bila ditambah aftersales Meizu yang belum terbukti baik, bahkan bisa dibilang kalau Xiaomi Redmi Note merupakan pilihan yang lebih baik. Adapun bila anda ingin smartphone yang lebih murah atau ukuran layar yang lebih kecil, Asus Zenfone 4S dan Xiaomi Redmi 2 bisa menjadi pilihan.

Lazada akan Mengadakan Flash Sale Meizu M2 Note pada 14 Agustus 2015

Meizu M2 Note Lazada

Sudah memutuskan kalau anda ingin membeli Meizu M2 Note? Langsung saja menuju link berikut karena di sana Lazada sudah membuka kesempatan untuk Pre-Order Meizu M2 Note. Anda yang sudah terdaftar dalam pre-order tersebut akan punya kesempatan untuk ‘berebutan’ untuk membeli device Meizu M2 Note yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2015 dengan harga Rp 1.999.000. Anda bahkan bisa mendapat potongan harga apabila membayar dengan Kartu Kredit tertentu. Selamat berburu.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>