Mbaktin Ekstrak Kulit Manggis, Sebuah Game Parodi dari Iklan Mastin

Coba perhatikan video berikut ini.

Apakah anda pernah mendengar iklan di atas? Iklan tersebut adalah iklan sebuah produk kecantikan yang bernama Mastin. Produk tersebut adalah ekstrak kulit manggis yang diyakini bisa membuat tubuh kita sehat sepanjang hari. Iklan tersebut jadi menarik karena jingle (lagu) nya yang catchy dengan lirik yang terdengar lucu dan mudah diingat. Selain itu, di akhir iklan tersebut juga ada suara bapak-bapak yang mengatakan “Mastin, Goooodd …” dengan suara berat. Ketika ditayangkan di tv, suara tersebut sering diulang sampai 3 kali, sehingga terdengar lebih lucu.

Mbaktin, Ajak Kita Mengekstrak Kulit Manggis

Terinspirasi dari iklan Mastin tersebut, sebuah developer game asal kota gudeg, Yogyakarta, yang bernama Amagine Interactive pun merilis sebuah game parodi. Game tersebut mereka beri judul Mbaktin (Plesetan dari Mastin / Mas Tin yang merupakan panggilan untuk lelaki, sedangkan Mbaktin / Mbak Tin merupakan panggilan untuk perempuan). Sesuai dengan premis yang diberikan iklan Mastin, game Mbaktin juga mengajak kita untuk mengekstrak buah manggis.

Mbaktin 1

Caranya gampang, cukup kupas buah manggis yang berjatuhan di layar dengan cara mengklik beberapa kali pada gambar buah, sesuai dengan angka yang tertera pada buah manggis tersebut. Kita harus melakukannya dengan cepat, sebelum waktu yang diberikan habis. Tertarik untuk bermain, langsung saja download game-nya di Link Berikut.

Mbaktin 2

Dibuat Hanya Dalam Waktu Semalam

Selain mengangkat tema dari iklan yang unik, proses pembuatan game Mbaktin juga tidak kalah unik. Menurut sang developer, game ini berhasil dibuat hanya dalam waktu semalam. Mereka baru mulai membuat game tersebut setelah menonton tayangan Debat Capres dan Cawapres pada hari sabtu malam, tanggal 5 Juli 2014 kemarin, dan menyelesaikannya tepat sebelum waktu subuh. Sepertinya setelah menonton acara Debat, mereka tiba-tiba melihat iklan Mastin dan terinspirasi untuk membuat game tersebut.

Pembuat game Mbaktin ini juga tergolong unik, karena berasal dari 4 Game Studio yang berbeda.

  • Gathot Fajar yang menjadi programmer berasal dari Creacle Studio,
  • UB sang Artist berasal dari Agate Jogja,
  • Dennis Adriansyah Ganda yang merancang game ini berasal dari Amagine Interactive,
  • sedangkan Jasson Prestiliano yang bertanggung jawab menambahkan suara untuk game ini berasal dari Enthrean Guardian.

Kesamaan mereka adalah mereka sama-sama tergabung dalam Gamelan, sebuah komunitas game developer di Jogja.

Dengan waktu yang singkat, dan jumlah orang yang terbatas, 4 sekawan pembuat game Mbaktin membuktikan kalau mereka bisa membuat sebuah aplikasi yang menarik. Bagaimana bila ada lebih banyak orang dan lebih banyak waktu, kita pun pasti bisa membuat aplikasi yang lebih menarik lagi. Game ini juga menunjukkan bagaimana pasar Game Mobile sudah kian dikenal oleh masyarakat Indonesia.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>