Masalah-Masalah Yang Biasa Terjadi Pada LG G3

LG G3

Setelah sebelumnya membahas masalah-masalah yang biasa terjadi pada Asus Zenfone 4, kini kami kembali membahas tentang permasalahan dari sebuah smartphone, lengkap dengan solusi penangulangannya. Smartphone yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah sebuah smartphone flagship dari LG, yaitu LG G3, yang merupakan smartphone pertama dengan kamera sinar laser.

Di balik spesifikasi berteknologi tinggi dan balutan body metal yang kokoh, ternyata LG G3 menyimpan beberapa masalah. Sangat disayangkan memang, mengingat harganya yang cukup tinggi, di kisaran 7 Juta Rupiah. Apa saja masalah yang biasa terjadi pada LG G3?

Retak di Dekat Lubang Earphone dan Lubang Microphone

Hal ini merupakan masalah yang sepertinya umum dialami oleh para pengguna LG G3. Body smartphone ini sering retak di sekitar lubang-lubang yang ada, baik lubang earphone maupun lubang microphone. Berikut saya tampilkan beberapa gambar sebagai bukti.

LG G3 retak di sekitar lubang microphone

LG G3 retak di sekitar lubang microphone

LG G3 retak di sekitar lubang earphone

LG G3 retak di sekitar lubang earphone

Untungnya, retak tersebut biasanya muncul tidak lebih dari 1 tahun semenjak dibeli, sehingga masih termasuk di dalam garansi. Bila menemukan LG G3 anda retak seperti gambar di atas, langsung saja menuju Service Center resmi LG. Pelayanan Service Center LG juga tergolong baik, beberapa pengguna yang melakukan klaim bahkan ada yang ditelepon secara personal dan diberikan informasi terkait ketersediaan sparepart.

Adapun bagi anda yang berniat membeli LG G3 bekas, coba perhatikan body LG G3 tersebut secara seksama, terutama pada tempat-tempat yang biasa terjadi retak. Jangan sampai anda kecewa setelah membeli karena menemukan LG G3 bekas yang anda beli ternyata sudah retak di mana-mana. Masih untung bila device tersebut masih mempunyai garansi resmi.

Processor yang Sering Terlalu Panas

Menggunakan prosesor tercanggih Qualcomm saat ini, Snapdragon 801, tidak membuat LG G3 serta merta terbebas dari masalah. Prosesor yang canggih identik dengan kerja yang berat untuk mengolah data, yang otomatis berakibat pada tingginya suhu di sekitar prosesor. LG G3 sebenarnya sudah membuat proteksi / pencegahan agar suhu prosesor yang dipakainya tidak melebihi batas yang normal. Salah satu contohnya adalah dengan mencegah pengguna untuk meningkatkan kecerahan layar (brightness) bila suhu prosesor telah sampai di batas maksimal.

Contoh Proteksi LG G3 agar tidak terlalu panas

Contoh Proteksi LG G3 agar tidak terlalu panas

Sayangnya, proteksi tersebut bisa saja hilang karena proses root (pengambil alihan sisi administrator dari device tersebut). Selain itu, juga masih ada sebab-sebab lain yang menyebabkan suhu prosesor bisa begitu tinggi. Akibatnya, para pengguna bisa jadi tidak nyaman dengan kondisi device yang panas, atau mungkin device LG G3 bisa saja mengambil langkah menurunkan panas yang terakhir, yaitu restart device.

Harga Jual Kembali yang Terjun Bebas

Masalah yang satu ini mungkin hanya berlaku bagi anda yang suka berganti-ganti smartphone, namun tetap peduli terhadap harga. Jika anda membeli LG G3 dengan harga 7 Juta Rupiah, maka nilai jual kembali LG G3 anda akan menurun drastis hingga angka Rp 5.500.000. Bahkan, saat ini ada beberapa toko smartphone yang menjual LG G3 baru dengan harga Rp 5.500.000, sehingga harga jual kembalinya pasti jauh di bawah itu. Jadi, bila anda sudah mempunyai LG G3, rawatlah dengan baik agar anda tidak perlu menjualnya di kemudian hari.

Anda punya informasi mengenai masalah yang lain yang biasa terjadi pada LG G3? Silakan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

20 Responses

  1. bagas says:

    layar LG G3 kecerahan mengalami penurunan, setelah kami tanyakan ke beberapa tehnisi LCD maupun TS nya tidak ada masalah. pertanyaannya Redupnya pada layar karena apa?…. Terima kasih atas jawabannya.

    • adityahadi says:

      sudah dicek settingan kecerahannya? Kalau masih redup juga, apakah smartphone anda menggunakan pelapis layar yang bisa membuat redup? Kalau masih kurang nyaman, lakukan Factory Reset.

  2. Sari says:

    gileee sih harga hampir 6 juta tapi bisa retak retak gitu bodinya :/ ga kebayang kalo sampe patah

  3. Putri himaini says:

    Kalau layarnya pecah bisa di service gak tolong bantu jawab

  4. Lisa Kedang says:

    Hp saya tiba2 kedap kedip perlahan lahan gelap sampai layarx benar2 hitam
    Untuk LCD nya g ad yg retak sya bingung maslahnya dimana ya kenapa kedap kedip hingga perlahan lahan layarx mati sendri
    Mohon penjlasx terima kasih

    • maulana says:

      Saya juga begitu redup tiba tiba mati padahal udah ganti lcd loeh tetep aj

      • Sebastian David says:

        LG G3 saya juga mengalami hal yang sama, tiba2 meredup kadang berkedip2 dan akhirnya mati. Sudah saya bawa ke LG Service Center Surabaya dicek kata mereka IC Display nya yg bermasalah, harganya wow 2 juta rupiah.

        @maulana, ganti LCD nya boleh tahu dimana apakah di LG Service Center? Di kota apa?

        • Tri says:

          gan & sis… ane baru aja coba servis utk masalah kayak gini, di SC ditawarin 2 koma sekian juta, jadi ane tongkrogin aje..kl yg masih garansi mah mending di SC, cuma kl yg udah abis garansinya, males dah bayar sampe segitu. sampe akhirnya nemu bias di servis diluaran, coba aja nih ke +62 819-0509-1979

    • yuni says:

      Ka hp ku juga gitu br 1bulan tbtb layarnya redup dan mati. Itu kenapa ya ka?? Terus kalo boleh tau kalo service apanya yg di ganti dan berapa ya?/??

  5. Raisah says:

    Halo Mas,

    Mau tanyain ni, utk LG G3 aq juga ada retakan kecil di bagian eraphone bawah.
    Katanya bisa di claim ya? Kalo boleh info Service Center utk claimnya di JAKARTA dimana ya??? LGku belum sampai setahun pembelian,.
    Thanks. :)

  6. attan says:

    Ada yg jual lcd seken lg g3 d690
    Boleh coret” kali aja ada yg cocok harganya..
    Trims

  7. Manda says:

    HP LG G3 saya akhir tahun kmrn juga sk restart terus bner2 ga mau masuk menu smpai akhirnya di bawa ke LG Centre dsruh ganti batre baru akhirnya bs,,
    lalu 3 hari yang lalu saat sedang dipakai untuk membuka sosmed seperti biasa tb2 nge hank dan akhirnya cabut batre, setelah itu dinyalakan namun cuma sampai kluar Logo LG saja tdk bisa masuk ke menu di restart cabut batre pun jg tetap nyala cm sampai di logo LG saja, akhirnya saya bawa lg ke LG centre di reset program pun tak bisa, hanya disarankan untuk ganti mesin nya, kira2 ada yang tau solusinya harus bagaimana drpd mengganti mesin?? karna mesinnya mahal
    Thx b4..

  8. muji eko says:

    susah cari onderdil.jika ada lg g3 yg rrusak mau di jual hubungi saya gan.dari pada nganggur.085733770361

    • wahyu says:

      LG G3, kalo djual laku berapa kondisi layar suka meredup sendiri kemudian gelap tapi fungsi layar masih baik. ?? 082233656802

    • indra says:

      Ane punya lg g3 layar suka redup.. Sim sinyal lemah ane pusing. Kartu memory suka gak kebaca

  9. didik says:

    baru beli 2 mingguan lg g3 second….ada keretakan dekat lubang earphone…dan bikin dongkol touchscreen pada bagian atas tiddak dapat discroll ke bawah….ada yg tau biaya utk beli touchscreen ori lg g3 + jasa servisnya ?

  10. Akim says:

    Klu ad yg mau jual lg g3 dlm kondisi redup2 n layar suka black screen hubungi. Ane ya gan mungkin udh ad yg nyerah melihara lg g3 nya gt makasi

  11. Alim says:

    Lg g3 gw sim card nya sering gak k’baca
    Kenapa y…ad yg tw gak…

  12. trasno says:

    Hp setelah dicas kok langsung mati total padahal sebelumnya ga ada masalah.kira2 apanya ya gan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>