Little Eye Labs – Dari India Untuk Dunia

Little Eye LabsLittle Eye Labs, sebuah startup kecil di Bangalore, India baru-baru ini mengejutkan dunia dengan menjadi pembelian terbaru sang raksasa jejaring sosial, Facebook. Desas-desus tentang akuisisi ini sebenarnya sudah terdengar sejak sebulan lalu, namun baru sekarang kedua pihak mengonfirmasi kebenaran berita ini. Little Eye Labs sendiri adalah pembuat software untuk menganalisa performa aplikasi-aplikasi Android.

“Lewat akuisisi ini, kami berharap Little Eye Labs bisa menyatukan kekuatan dengan Facebook untuk membawa pengembangan teknologi mobile ke level yang lebih tinggi.” - Facebook

Mungkin banyak dari pembaca yang bertanya-tanya, siapa orang yang berada di belakang Little Eye Labs ini?

Setelah sedikit menelusuri sejarah startup yang muncul pada tahun 2012 ini, kami menemukan kalau Little Eye Labs dibangun oleh mantan-mantan pegawai perusahaan-perusahaan besar di dunia. Ada Giridhar Murthy yang pernah bekerja sebagai Software Engineer di Apple. Di sana dia bertugas untuk mengembangkan Image Processing untuk Mac OS X dan iOS.

Selain Giridhar, ada juga nama Lakshman Kakkirala yang sempat menjadi Engineer di IBM dan Yahoo. Ia pernah bekerja di Adobe selama 3 tahun dengan jabatan terakhir sebagai Engineering Manager, sebelum akhirnya memutuskan untuk membangun Little Eye Labs.

Your StoryKemudian ada Aditya Kulkarni, mantan Software Engineer yang telah melang melintang selama lebih dari 3 tahun bersama Google dengan jabatan terakhir sebagai Product Manager. Bersamaan dengan keluarnya ia dari Google, ia pun membangun Little Eye Labs dan sebuah website tentang startup, dunia mobile, dan product management bernama YourStory.In

Bersama dengan Giridhar, Lakshman, dan Aditya, seluruh tim Little Eye Labs akan diboyong ke kantor pusat Facebook di Menlo Park, California. Di sana mereka diharapkan bisa membantu Facebook dalam menganalisa aplikasi-aplikasi mobile yang mereka buat.

Ini adalah akuisisi pertama Facebook untuk startup yang berasal dari India. Mereka berhasil mendapatkan Little Eye Labs dengan dana sekitar 10 – 15 Juta Dollar, sekaligus mengalahkan Twitter yang juga menghendaki startup yang sama.

Akuisisi ini adalah salah satu langkah Facebook untuk mengejar ketertinggalan mereka dari para pesaing di dunia teknologi Mobile. Seperti yang kita tahu, pada April 2013 kemarin mereka juga mengakuisisi Parse, sebuah startup yang juga fokus di bidang aplikasi mobile.

Di sisi lain, Little Eye Labs menjadi bukti kalau komunitas startup India tidak bisa lagi dipandang setengah mata. Mereka membuktikan, walaupun baru berusia 18 bulan, mereka berhasil membuat sesuatu yang akhirnya dilirik oleh perusahaan besar dunia. Selain mereka, ada juga beberapa startup lain asal Bangalore (Frrole misalnya) yang juga telah mendapat pantauan.

Jadi, India sudah punya Bangalore yang seakan menjadi The Next Silicon Valley, bagaimana dengan Indonesia?

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

1 Response

  1. Buddhi paul says:

    is this language Indonesian ?

    and you are tracking Indian startups. wow ! then from where the readers will be ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>