LG G Watch, Android Wear Generasi Pertama

LG G Watch

Walau belum diluncurkan, namun LG G Watch sudah terlihat ‘nampang’ di mana-mana. LG G Watch adalah nama smartwatch (jam pintar) yang rencananya akan menjadi yang pertama diluncurkan oleh LG. Selain itu, LG G Watch juga akan menjadi device generasi awal yang menggunakan sistem operasi Android Wear. Bagi yang belum mengetahui, Android Wear adalah sistem operasi yang khusus dibuat Google untuk perangkat smartwatch. Sistem operasi ini berguna untuk menampilkan notifikasi dan aplikasi dari smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Setelah LG G Watch, nanti juga akan menyusul Moto 360 dari Motorola, dan smartwatch-smartwatch lainnya.

Di bawah ini adalah video terbaru dari G Watch.

LG G Watch akan dipasarkan dengan 2 warna, Stealth Black dan Champagne Gold. Untuk body jam, LG memilih menggunakan bahan metal untuk penutup mesin jam, dan bahan plastik untuk penutup display jam. Mereka menyebutnya ‘Timeless Look’, tak lekang jaman. Benar atau tidaknya klaim tersebut, anda sendiri yang menilai. Lebih jelas anda bisa melihatnya dalam gambar di bawah ini.

LG G Watch 2

Untuk tali jam, LG memakai bahan karet. Jam tersebut juga diklaim bisa tahan air dan tahan debu. Sekilas tampilan LG G Watch sangat mirip dengan Pebble Smartwatch. Bahkan tempat charging-nya pun sangat mirip dengan Pebble, hanya berbeda jumlah sambungan konduktor-nya saja. Penasaran bagaimana cara tempat charging ini bekerja? Kalau di Pebble, ada semacam magnet yang melekatkan sumber listrik ke tempat charging tersebut agar listrik bisa mengalir lewat konduktor yang tersedia. Tempat charging seperti ini adalah solusi untuk perangkat yang didesain anti air.

LG G Watch 1

Ngomong-ngomong soal charger, LG memakai kata-kata ‘Ready for anything, anytime with a single charge’  dalam iklan G Watch mereka. Adakah yang bisa mengerti apa maksudnya? Bukankah setiap perangkat baru bisa siap digunakan setelah dicharge? Hal ini sepertinya hanya cara untuk menutupi daya tahan LG G Watch yang kurang baik. Ini tak lepas dari klaim mereka yang lain, kalau G Watch akan ‘selalu menyala’, alias layarnya akan selalu menampilkan informasi. Logikanya, Pebble Watch saja dengan layar yang lebih hemat energi harus dicharge setiap 4 hari sekali, bagaimana dengan G Watch? Saya memperkirakan G Watch hanya tahan 24-48 jam setiap kali dicharge penuh.

LG G Watch 3

Yang perlu diingat dari keluarnya G Watch adalah masa berkembangnya wearable device yang akan semakin menjamur. Sudah siapkah kita?

Sumber Gambar : slashgear.com

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>