Layanan Twitpic Akan Ditutup Pada 25 September 2014

Twitpic

Bagi anda yang suka berbagi foto di Twitter, pasti kenal dengan sebuah layanan yang bernama Twitpic. Ia adalah sebuah startup yang memberikan layanan sharing foto lewat Twitter. Sayangnya, layanan tersebut kini telah bersiap untuk tutup usia. Pada tanggal 25 September 2014 nanti, keseluruhan layanan Twitpic tidak akan bisa diakses lagi. Perseteruan dengan Twitter terkait nama Twitpic menjadi alasan di balik penutupan ini.

Noah Everett, Pendiri layanan Twitpic, mengatakan dalam sebuah tulisan:

“Sayangnya, kami tidak punya kekuatan yang cukup untuk menghadapi perusahaan besar seperti Twitter, untuk menjaga nama (Twitpic) yang kami percaya merupakan milik kami.”

Sejak tahun 2009 silam, Twitter memang telah begitu gencar untuk membawa Twitpic ke meja hijau. Twitter menganggap kalau pemakaian nama Twitpic bisa merusak brand yang telah dibangun oleh Twitter. Tak cukup dengan proses hukum, Twitter pun mengancam Twtpic untuk memutuskan akses menuju server Twitter (melalui jembatan yang disebut dengan Application Programming Interface / API). Padahal, seperti kita tahu, akses menuju Twitter merupakan satu-satunya cara bagaimana Twitpic bisa beroperasi membagikan foto di Twitter. Karena itu, kini hanya ada 2 pilihan untuk Twitpic, antara berganti nama atau menutup secara total layanan mereka.

Twitter yang Harus Mempertahankan Brand

Menanggapi hal ini, perwakilan Twitter pun mengeluarkan sebuah pernyataan:

“Kami menyayangkan Twitpic harus berhenti beroperasi. Kami mendukung para developer untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan layanan Twitter, dan Twitpic telah melakukannya selama bertahun-tahun. Tak ada larangan bagi mereka untuk menggunakan nama Twitpic, namun kami juga harus mempertahankan brand yang telah dibangun oleh perusahaan kami.”

Tidak jelas sebenarnya bagaimana nada bicara perwakilan Twitter ini. Mereka tidak melarang, namun juga bersikeras ingin mempertahankan nama Twitter dan berbagai modifikasi atasnya, termasuk nama Twitpic. Mereka sebenarnya hanya khawatir kalau jika Twitpic tetap beroperasi dengan nama Twitpic, akan ada startup-startup lain yang memakai nama dengan unsur kata ‘Twit’. Hal ini jelas akan berpengaruh pada citra Twitter secara keseluruhan, karena kata-kata Twit sudah begitu melekat dengan Twitter.

Mengapa Twitter harus mengancam Twitpic dengan rencana untuk memutuskan sambungan antara server Twitter dengan layanan Twitpic? Karena sebenarnya memang Twitter sulit untuk bisa menang di meja hijau. Twitter belum mematenkan unsur nama ‘Twit’ untuk diri mereka.

Apapun itu, selamat jalan Twipic, namamu akan selalu dikenang.

adityahadi

Editor of Aitinesia.com. A Kaskus' Enthusiast who have to read in order to continue his life.

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookLinkedInPinterestGoogle Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>